10 Istilah Dalam Dunia Kerja yang Harus Diketahui!

Bagi seseorang yang baru memasuki dunia kerja, ketahui dulu istilah-istilah yang ada dalam dunia kerja. Mengapa demikian? Supaya saat rekan kerja maupun karyawan lain menggunakan istilah tersebut kamu masih bisa mengikuti. Istilah dalam dunia kerja tentunya banyak sekali, tergantung dari situasi, kebutuhan dalam menunjang pekerjaan & komunikasi di kantor.

10 Istilah Dalam Dunia Kerja yang Harus Diketahui!
Sumber: fingerspot.com

Kawan, di artikel kali ini akan mengulas beberapa istilah yang sering dipakai dalam dunia kerja yang bisa kamu pelajari dan implementasikan saat bekerja di kantor. Apa saja istilahnya? Simak pembahasan berikut.

1. Follow up

Istilah ini pasti sudah familiar kita dengarkan. Mengutip bizvideo.com, follow up merupakan proses untuk menyelesaikan suatu kegiatan. Karena itu, ketika istilah ini digunakan dalam bisnis yang mengarah ke penjualan, bisa jadi tujuannya berarti mengubah prospek menjadi seorang pelanggan. Tujuan lain dari follow up bisa jadi untuk memancing respon atau mengingatkan calon pelanggan akan produk yang telah kamu tawarkan.

2. Cut off

Istilah ini digunakan untuk menunjukkan kondisi di mana kamu tidak bisa menginput data-data untuk kebutuhan tertentu. Sering kali istilah ini dipergunakan untuk absensi yang berhubungan dengan perhitungan gaji. Misalkan, cut off absensi periode bulan ini tanggal 20, maka kamu hanya memiliki waktu untuk merekap data absensi hingga tanggal 20.

3. Turnover

Istilah ini bisa dipakai untuk menunjukkan bagaimana perputaran karyawan suatu perusahaan. Banyaknya karyawan yang keluar masuk perusahaan itulah yang disebut dengan jumlah turnover. Kalau suatu perusahaan memiliki karyawan yang sering berganti dalam waktu yang singkat, berarti di perusahaan tersebut memiliki tingkat turnover tinggi.

4. Workflow

Istilah ini merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan dalam operasional perusahaan, mulai dari awal hingga akhir proses produksi. Dalam penerapannya, setiap karyawan yang berkontribusi dalam operasional perusahaan harus mengetahui tugas serta tanggung jawab masing-masing. Sehingga operasional perusahaan pun dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya kekurangan sedikitpun.

5. Performance Review

Istilah ini dipergunakan dalam penilaian kinerja karyawan. Kegiatan performance review menjadi salah satu cara untuk mempromosikan, memutasi, atau memutuskan hubungan kerja dengan karyawan. Kegiatan ini biasa dilakukan HRD atau divisi personalia untuk memastikan produktivitas karyawan.

6. Probationary Period

Istilah ini mengacu pada masa percobaan kerja, yang artinya sebuah tahapan dimana seorang karyawan terbebas dari sistem kontrak tertentu. Masa ini menjadi sebuah penentu terkait keberlanjutan kontrak kerja seorang karyawan.

7. Leave

Istilah ini merupakan penyebutan untuk cuti atau izin tidak masuk kerja bagi karyawan. Dalam Undang-undang Ketenagakerjaan juga telah diatur terkait berbagai macam cuti, seperti cuti tahunan, hingga cuti melahirkan.

8. Annual Leave

Istilah ini sering kita dengar, ya! Cuti tahunan. Sudah menjadi hal umum dalam dunia kerja kantoran, yang memberikan hak cuti bagi karyawan. Tapi perlu diingat, setiap Perusahaan bisa jadi memiliki kebijakan yang berbeda terkait cuti tahunan ini.

9. Timeline

Sebuah jadwal yang dipergunakan untuk menunjukkan urutan aktivitas yang harus dilakukan dalam suatu tugas. Sering kali juga digunakan untuk memperlihatkan waktu yang dibutuhkan karyawan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan, serta memastikan bahwa setiap tahap selesai tepat waktu dan dengan urutan yang benar.

10. Payroll

Istilah satu ini sangatlah berarti bagi karyawan. Di mana Perusahaan memiliki kewajiban untuk memberikan upah kerja terhadap karyawan. Payroll mengartikan suatu proses penggajian karyawan yang dilakukan secara rutin dan teratur. Dalam perhitungan penggajian juga mencakup jumlah jam kerja, tunjangan, bonus, potongan, dan pajak yang dikenakan. Proses penggajian biasanya dilakukan oleh departemen keuangan atau HR, memerlukan perhitungan yang cermat.

Sekarang sudah tahu kan beberapa istilah yang dipakai dalam dunia kerja?


Sebetulnya banyak sekali istilah-istilah lain yang belum mimin sebutkan nih kawan, namun kami pilihkan istilah yang sering dipakai dalam dunia kerja. Dalam istilah-istilah di atas juga perlu kamu ketahui dalam dunia kerja ada sistem yang memudahkan untuk manajemen perusahaan, seperti Fingerspot Absensi Personalia.

Fingerspot Absensi Personalia memiliki berbagai kemudahan seperti : pengaturan berbagai jadwal kerja, reminder kontrak kerja karyawan, data yang terenkrips, hingga 49 laporan absensi dan gaji, perhitungan gaji, dan download data dari mana saja.

***
Sumber: artikel kali pertama dipublikasikan pada 10 Istilah Dalam Dunia Kerja

Posting Komentar untuk " 10 Istilah Dalam Dunia Kerja yang Harus Diketahui! "