Apa Fungsi dari Ujian Sekolah? Anda Harus Tahu!

Dokumen kelulusan belajar pada setiap tingkat pendidikan sangat penting untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, maupun untuk mencari pekerjaan. Oleh karenanya, nilai yang tercantum pada rapor dan surat kelulusan belajar harus bagus ya, karena nilai ini akan sangat dipertimbangkan oleh pihak pemberi pekerjaan atau lembaga pendidikan lebih lanjut.

Nah, untuk mendapatkannya tentu setiap peserta belajar wajib melewati berbagai ujian.

Apa Fungsi dari Ujian Sekolah? Anda Harus Tahu!
Sumber: Kompas

Latar Belakang Ujian

Merujuk pada Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab XVI pasal 57 ayat 1, dapat diketahui bahwa Ujian merupakan evaluasi yang dilaksanakan dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional, sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggaraan pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Fungsi Ujian Sekolah

  1. Mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.
  2. Mengukur mutu pendidikan di tingkat Nasional, Provinsi, Kotamadya dan Kecamatan.
  3. Mempertanggungjawabkan penyelenggaraan pendidikan kepada masyarakat.
  4. Sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan tamat belajar.
  5. Dijadikan alat pertimbangan dalam pemberian ijazah.
  6. Merupakan umpan balik untuk perbaikan program pembelajaran di sekolah.
  7. Sebagai alat pengendali mutu pendidikan.
Hal di atas tersebut merupakan fungsi ujian sekolah secara umum. Sedangkan secara khusus, ujian juga memiliki fungsi tersendiri yang didasarkan pada setiap jenisnya.

Jenis dan Fungsi Ujian

Kita mengenal setidaknya 5 jenis ujian yang diberlakukan di dunia pendidikan Indonesia, yakni ujian harian, ujian tengah semester, ujian semester, ujian sekolah dan ujian nasional.

1. Ujian Harian

Ujian harian lebih populer disebut dengan ulangan harian (UH). Nilai ujian harian atau ulangan harian akan digabungkan dengan nilai tugas dan nilai-nilai lainnya menjadi nilai harian siswa, dimana nilai ini akan menjadi aspek penilaian dalam rapor peserta didik atau siswa.

Adapun fungsi dari ujian harian atau ulangan harian ini adalah untuk mengetahui tingkat penguasaan materi peserta didik atau siswa pada satu atau beberapa konsep, tema, ataupun pokok pembahasan.

2. Ujian Tengah Semester

Ujian tengah semester (UTS) atau yang dikenal juga dengan mid-test adalah ujian yang dilakukan pada setiap pertengahan semester, dimana hasilnya akan turut menentukan nilai rapor siswa.

Ujian tengah semester (UTS) atau mid-test ini berfungsi untuk mengetahui tingkat penguasaan siswa akan beberapa konsep, tema, dan pokok pembahasan.

3. Ujian Semester

Ujian semester adalah ujian yang diselenggarakan pada setiap akhir semester setelah peserta didik atau siswa menyelesaikan semua materi dalam semester tertentu. Ujian semester ini dibagi menjadi 2 sesi, yakni ujian semester ganjil dan ujian semester genap atau yang biasa disebut dengan ujian kenaikan kelas.

Fungsi dari adanya ujian semester ganjil lebih mengarah pada sebagai persiapan ujian semester genap, dimana ujian semester genap memiliki fungsi untuk turut menentukan kenaikan kelas siswa.

4. Ujian Sekolah

Ujian sekolah adalah ujian yang dilaksanakan setelah siswa menyelesaikan semua materi belajar, yakni siswa yang berada pada kelas terakhir pada sebuah jenjang pendidikan sekolah.
Ujian sekolah ini memiliki fungsi untuk menentukan kelulusan siswa.

5. Ujian Nasional

Ujian nasional (UN) merupakan ujian yang diselenggarakan serentak atau secara nasional pada mata pelajaran tertentu.

Ujian nasional (UN) atau yang dikenal juga dengan UNAS ini memiliki fungsi sebagai kendali mutu pendidikan nasional, penentu kelulusan siswa, serta sebagai syarat administrasi bagi siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

***

Posting Komentar untuk " Apa Fungsi dari Ujian Sekolah? Anda Harus Tahu! "