10 Keahlian yang Harus Dimiliki Karyawan Agar Perusahaanmu Semakin Berkembang

Ingin sukses di tempat kerja? pendidikan dan pengalaman kerja saja tidaklah cukup. Supaya sukses, harus memiliki keterampilan kerja yang merupakan gabungan dari keterampilan teknis atau Technical skill, hard skill dan soft skill.

10 Keahlian yang Harus Dimiliki Karyawan Agar Perusahaanmu Semakin Berkembang
Sumber: Fingerspot

Pengertian Keterampilan Kerja

Keterampilan kerja adalah kemampuan dalam melakukan sesuatu yang dapat membantu memaksimalkan performa karyawan dalam mengerjakan tugas kerjanya sehari-hari.

Manfaat Keterampilan Kerja

Bagi perusahaan
  • Meningkatkan peluang kesuksesan bisnis.
  • Memudahkan pencapaian tujuan perusahaan.
  • Meminimalisir konflik internal perusahaan.
  • Suasana kerja menjadi lebih positif.
  • Menjaring lebih banyak pelanggan dan klien karena karyawan yang memiliki keterampilan kerja mampu membantu mempermudah pelanggan dan klien dalam mencapai tingkat kepuasan yang tinggi.
Bagi karyawan
  • Lebih mudah dalam menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efektif dan efisien serta hasil yang maksimal.
  • Mendapatkan kesempatan kerja yang lebih luas karena lebih diminati oleh para perekrut dari berbagai perusahaan.
  • Berkesempatan memajukan karir dan mendapatkan promosi kerja.
  • Mampu meningkatkan kemungkinan terciptanya lingkungan kerja yang produktif, kolaboratif dan kompetitif sehingga menambah kenyamanan atau betah bekerja.
  • Keberadaannya tidak mudah tergantikan oleh orang lain, mesin, robot maupun berbagai bentuk teknologi.

Keterampilan Kerja yang Harus Dimiliki

Berikut adalah beberapa keterampilan kerja yang harus dimiliki karyawan agar bisa membawa kesuksesan bagi diri sendiri, tim dan perusahaan.

1. Komunikasi

Komunikasi yang baik dan efektif harus bisa dilakukan baik secara lisan maupun tulisan karena dalam bekerja karyawan akan berkomunikasi secara langsung seperti saat presentasi, berdiskusi dan meeting, serta komunikasi secara tidak langsung seperti e-mail, media sosial dan berbagai pesan singkat tertulis. Dengan memiliki keterampilan komunikasi verbal dan non verbal yang baik dan efektif maka akan bermanfaat untuk menghindari kesalahpahaman dalam tim, lebih lancar saat demo penjualan produk, serta lebih mudah menyampaikan pesan perusahaan pada pelanggan dan klien lewat berbagai cara dan media.

2. Etika

Etika yang baik juga merupakan keterampilan kerja yang bisa diasah, misalnya dengan bersikap profesional, jujur, disiplin dan bertanggung jawab. Nilai-nilai baik dalam etika yang dimiliki oleh karyawan bisa menunjang karirnya karena membuatnya lebih terpercaya.

3. Manajemen

Keterampilan manajemen ialah kemampuan karyawan dalam bekerja secara tepat waktu serta bisa memprioritaskan setiap tugas kerjanya secara efektif. keterampilan manajemen ini berguna untuk kecakapan dalam melakukan delegasi tugas kerja dalam tim, bisa membuat keputusan secara cepat dan tepat, serta mampu mengatur waktu kerja seefisien mungkin.

4. Organisasi

Keterampilan berorganisasi merupakan kemampuan karyawan dalam memastikan bahwa semua pekerjaannya berjalan dengan lancar serta penuh rasa tanggung jawab. Keterampilan organisasi ini sangat bermanfaat bagi sebuah tim untuk meraih keberhasilan suatu proyek.

5. Negosiasi

Keterampilan negosiasi adalah kemampuan dalam mengutarakan sebuah maksud untuk mencapai tujuan dan kesepakatan yang baik bagi kedua belah pihak. Misalnya, mencapai deal dengan klien, diskusi dengan tim, mendiskusikan gaji hingga mengajukan izin dan cuti pada pihak HRD.

6. Kerja sama

Keterampilan kerja sama sangat dibutuhkan baik saat bekerja secara individu maupun dalam tim. Hal ini dikarenakan semua tugas kerja di dalam perusahaan pada dasarnya saling berkaitan. Dengan memiliki keterampilan kerja sama maka setiap tugas kerja bisa dilakukan dengan lebih cepat, efektif dan efisien dalam lingkungan kerja yang positif.

7. Berfikir kritis

Keterampilan berfikir kritis adalah kemampuan dalam menganalisis dan menciptakan solusi untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang sedang dihadapi. Karena dunia bisnis akan selalu menghadapi masalah yang berubah-ubah, maka dibutuhkan karyawan dengan keterampilan pemikiran kritis yang bisa tetap sabar dan disiplin meski sedang ada di dalam masa yang sulit dan genting.

8. Percaya diri

Keterampilan percaya diri bisa dimiliki oleh siapapun termasuk karyawan yang introvert sekalipun. Dengan memiliki rasa percaya diri maka akan semakin mudah menyampaikan ide, gagasan, pendapat, bahkan bisa lebih berani saat harus berhadapan langsung dengan pihak luar seperti pelanggan dan klien. Dengan demikian, tingkat keberhasilan proyek yang dilakukan akan semakin meningkat.

9. Tech Savvy
Tech Savvy atau ‘melek teknologi’ merupakan salah satu bentuk keterampilan dengan kemampuan penguasaan teknologi yang berguna untuk menambah keefektifan dan efisiensi kerja. Misalnya penguasaan fungsi komputer dasar, penggunaan bermacam-macam aplikasi bisnis dan pemanfaatan berbagai teknologi digital lainnya.

10. Leadership

Keterampilan leadership atau kepemimpinan berupa kemampuan dalam membersamai, menginspirasi, memotivasi dan memberdayakan orang lain terutama dalam tim. Keterampilan dalam memimpin ini dapat membuka kesempatan untuk mendapatkan promosi jabatan kerja yang lebih tinggi.

Agar bisa sukses, karyawan harus terus mengasah keterampilan kerja tersebut dengan disiplin dan sistem kerja cerdas, tidak menjadikannya sebagai beban, dan lakukan dengan menyenangkan. Jika merasa lelah, jangan berhenti, sebaiknya beristirahat sejenak untuk memulihkan tenaga dan fikiran. Apalagi dengan Fingerspot.iO karyawan bisa lebih mudah mengajukan izin dan cuti lewat fitur ESS (Employee Self Service) yang ada di App FiO pada ponselnya kapan saja dan di mana saja. Pengajuan izin atau cuti yang dilakukan secara mandiri oleh karyawan melalui sistem akan langsung tersampaikan pada atasan, HRD, atau manajemen perusahaan untuk segera ditindaklanjuti apakah diterima atau ditolak.
***
Sumber: Fingerspot

Posting Komentar untuk " 10 Keahlian yang Harus Dimiliki Karyawan Agar Perusahaanmu Semakin Berkembang "