Saatnya Beralih Pakai Aplikasi Face Recognition untuk Perusahaan Anda

Tantangan dalam dunia bisnis selalu berkembang dari masa ke masa. Tantangan tersebut bisa berasal dari luar atau eksternal seperti kondisi pasar, persaingan bisnis, perubahan konsumen dan sebagainya, hingga adanya tantangan dari dalam atau internal seperti pengelolaan SDM atau karyawan yang tak bisa dianggap remeh, karena kelancaran pengelolaan karyawan merupakan salah satu penentu keberhasilan operasional, produktivitas dan kinerja keseluruhan perusahaan.

Tak dapat dipungkiri bahwa dunia usaha masa kini membutuhkan sistem pengelolaan karyawan all in one, salah satunya adalah aplikasi face recognition realtime pada sistem absensi karyawan.

Masih asing dengan face recognition? Mari kita pahami dulu apa itu teknologi face recogition yang sebenarnya, sehingga bisa memberikan manfaat untuk bisnis.

Saatnya Beralih Pakai Aplikasi Face Recognition untuk Perusahaan Anda
Sumber: medgo.id

Pengertian Face Recognition?

Face recognition adalah teknologi pengenalan wajah yang merupakan salah satu bentuk lanjut dari sistem keamanan biometrik yang kini semakin diandalkan karena lebih sulit dipalsukan dan lebih akurat daripada sistem keamanan generasi sebelumnya yaitu kartu identitas dan PIN atau password. Dengan demikian, teknologi face recognition dianggap memiliki sistem keamanan yang lebih tinggi.

Prinsip Kerja Dasar Face Recognition

  • Teknologi biometrik berupa pengenalan wajah atau face recognition dianggap memiliki sistem keamanan yang lebih tinggi karena memiliki prinsip kerja dasar yang canggih, yaitu:
  • Proses pengenalan wajah dalam sistem lewat perbandingan citra wajah dengan dasar data wajah, serta penemuan dasar data wajah yang paling sesuai dengan citra yang telah dimasukkan.
  • Pengujian keaslian wajah, yaitu penemuan kesamaan wajah dengan data atau template wajah yang telah dimasukkan.
  • Pendeteksian satu wajah di dalam citra.
  • Perkiraan lokasi saat memasukkan data wajah.
  • Pengenalan kondisi emosi wajah yang telah dipindai oleh sistem.
Dengan prinsip kerja dasar teknologi face recognition atau pengenalan wajah yang canggih ini membuatnya makin banyak digunakan untuk melengkapi sistem keamanan seperti akses kontrol dan smartphone. Bahkan teknologi face recognition atau pengenalan wajah juga telah banyak digunakan dalam sistem absensi karyawan yang diyakini lebih aman.

Cara Kerja Sistem Absensi Face Recognition

  • Teknologi face recognition atau pengenalan wajah telah banyak digunakan dalam sistem absensi karyawan karena dianggap lebih aman. Pada proses pencatatan presensi karyawan terdapat beberapa cara kerja dalam sistem absensi yang melalui beberapa tahapan, yakni:
  • Pendeteksian wajah lewat proses pemindain atau memotret wajah karyawan secara langsung dari fisik wajahnya (3D) maupun dari foto (2D).
  • Setelah wajah karyawan berhasil dideteksi, selanjutnya sistem akan menentukan posisi, ukuran dan arah wajah karyawan supaya bisa dikenali oleh sistem di awal dengan mudah.
  • Selanjutnya sistem akan mengukur lekukan wajah dan membuat template wajah karyawan.
  • Jika sudah berhasil membuat template wajah, maka sistem akan menerjemahkan template wajah tersebut ke dalam suatu kode unik yang bisa merepresentasikan semua wajah karyawan.
  • Sistem mencocokkan wajah di dalam database. Jika template wajah dalam sistem dan wajah yang direpresentasikan saat digunakan dalam proses pengenalan wajah (scan absensi) sama-sama berbentuk foto 2D, maka sistem bisa lebih mudah dan cepat dalam memprosesnya. Sebaliknya, sistem membutuhkan waktu lebih pada proses pencocokan di dalam database jika karyawan melakukan scan menggunakan wajah langsung/fisik atau representasi 3D.
  • Jika karyawan sudah melakukan scan wajah langsung (3D) atau scan foto (2D), berikutnya sistem akan melakukan identifikasi atau verifikasi sesuai perangkat yang digunakan. Identifikasi yaitu proses pencocokan 1:N (1 wajah representasi dibandingkan dengan semua data gambar yang memiliki kemiripan di dalam database) pada absensi yang dilakukan oleh karyawan menggunakan 1 perangkat yang juga digunakan oleh beberapa karyawan lainnya. Sedangkan verifikasi, yaitu proses pencocokan 1:1 (1 wajah representasi dibandingkan dengan 1 gambar di dalam database) pada absensi yang dilakukan oleh karyawan menggunakan 1 perangkat khusus untuknya, seperti aplikasi absensi online di ponsel milik karyawan.
  • Setelah melalui tahapan identifikasi atau verifikasi, selanjutnya, sistem akan memberikan informasi terkait hasil apakah wajah representasi mempunyai kemiripan atau kesamaan dengan template wajah yang ada pada database.
  • Beberapa tahapan cara kerja dalam sistem absensi berbasis teknologi face recognition ini kini banyak diimplementasikan pada aplikasi absensi mobile karyawan atau aplikasi face recognition karena terbukti lebih efektif untuk bisnis masa kini.

Apa Itu Aplikasi Face Recognition?

Aplikasi Face Recognition merupakan aplikasi absensi online yang dilengkapi dengan fitur pengenalan atau identifikasi wajah melalui metode absensi scan GPS yang lebih akurat dan pasti tercatat secara realtime.

Kelebihan Aplikasi Face Recognition Realtime untuk Bisnis

Mengapa aplikasi face recognition realtime untuk bisnis lebih baik daripada sistem absensi sebelumnya? Hal ini dikarenakan penggunaan absensi face recognition dalam bentuk aplikasi mobile seperti pada Fingerspot.iO memiliki banyak keunggulan, antara lain:

Mudah Digunakan, Praktis, Fleksibel dan Cocok untuk Segala Bisnis
Bisa dipakai untuk mencatat kehadiran karyawan tanpa harus menggunakan mesin absensi. Cukup melakukan absensi langsung di ponsel masing-masing karyawan dengan cara Face Scanning atau scan wajah yang tentunya lebih praktis dan dapat dibawa kemana-mana oleh karyawan. Mau absensi kapan saja dan di mana saja pasti bisa karena tidak ada batasan ruang, waktu dan berbagai kondisi lainnya, sehingga membuatnya ideal untuk semua sektor usaha dengan karyawan kantoran, manufaktur, penyedia layanan dan jasa, project, lapangan, hingga untuk karyawan yang harus berpindah-pindah lokasi kerja atau yang bekerja dari mana saja (flexible working).

Keamanan dan Akurasi Data Lebih Terjamin
Sistem absensi face recognition berbasis digital dapat mengurangi kemungkinan tindakan indisipliner karyawan seperti titip absen dan memalsukan waktu atau lokasi kerja, karena dengan metode foto selfie dan GPS location yang anti-fake membuat keakuratan data absensi lebih terjamin. Data kehadiran karyawan tercatat dan tersampaikan secara realtime serta tersimpan dengan baik dan otomatis di dalam sistem yang bisa diakses dengan mudah, aman dan terpusat di Fingerspot.iO oleh manajemen perusahaan atau pihak lain yang diberi hak akses.

Lebih Efektif dan Efisien
Aplikasi absensi online dengan teknologi face recognition cukup di-install pada PC manajemen perusahaan dan ponsel milik karyawan, sehingga tidak memerlukan instalasi di tempat kerja ataupun perawatan mesin absensi. Dengan demikian biaya pengadaaan dan perawatan mesin absensi bisa dialokasikan pada kebutuhan lainnya. Selain itu, harganya pun terjangkau dan bisa dimanfaatkan untuk perusahaan dengan jumlah karyawan berapapun.

Mendukung Higienitas
Saat melakukan pencatatan kehadiran kerja, karyawan tidak perlu menyentuh mesin absensi yang digunakan banyak orang, sehingga rawan tertular penyakit. Scan absensi cukup menggunakan ponsel miliknya saja. Dengan demikian, keamanan dan kesehatan karyawan lebih terjaga, terlebih di masa pandemi dimana banyak karyawan yang lebih mudah sakit akibat paparan virus dari berbagai aktifitas yang kurang higienis seperti pada penggunaan mesin absensi yang diakses oleh banyak karyawan.

Dengan kecanggihan sistem kerja serta kelebihan yang dimilkinya pantaslah aplikasi face recognition realtime semakin banyak dimanfaatkan untuk bisnis masa kini. Kabar baiknya, kini siapapun bisa memanfaatkan fitur face recognition yang ada di Fingerspot.iO.

Bagaimana Agar Bisa Menggunakan Fitur Face Recognition Fingerspot.iO?

Untuk bisa menggunakan fitur Face Recognition ini cukup dengan berlangganan Fingerspot.iO mulai dari Plan 3 dan memilih AddOn Scan GPS dengan Identifikasi Wajah (Face Recognition). Pilih karyawan yang diizinkan menggunakan fitur Face Recognition di web Fingerspot.iO.

Untuk hardware mesin absensi yang support dengan fitur Face Recognition mulai tipe Revo WD 203BNC, Revo W202BNC, Revo WF205BNC, Revo WDV204BNCdan Revo WFV208BNC.
***
Sumber: Fingerspot

Posting Komentar untuk " Saatnya Beralih Pakai Aplikasi Face Recognition untuk Perusahaan Anda "