Bisnis Usaha yang Menjanjikan di Tahun 2022

Tahun baru 2022 yang penuh dengan harapan membuat para pelaku bisnis melirik beberapa peluang bisnis untuk meraup keuntungan maksimal. Bagi calon pebisnis yang baru akan memulai usaha di tahun 2022, maupun bagi pengusaha yang ingin memperluas bisnis dengan segmentasi usaha yang berbeda di tahun 2022, coba simak beberapa rekomendasi bisnis yang diprediksi booming di tahun 2022 berikut ini.

Sumber: robbottrader.com

Menurut Jual Alat Absensi, Bisnis Usaha yang Menjanjikan di Tahun 2022 adalah berikut ini:

1. Fashion

Fashion merupakan salah satu kebutuhan pokok dengan pangsa pasar yang sangat luas. Mulai dari anak, dewasa, orang tua, pria dan wanita, semua membutuhkan aneka item fashion seperti baju, sepatu, aksesoris rambut dan sebagainya. Jika tak punya modal cukup maka pertimbangkan untuk melakukan bisnis fashion dengan sistem dropshipping. Anda tidak perlu banyak modal, bahkan bisa dengan modal 0 rupiah ketika melakukan sitem dropshipping ini. 

2. Produk Kecantikan

Bisnis produk kecantikan memang sempat turun di tahun 2020 – 2021 karena terdampak kondisi pandemi. Menjadi salah satu kebutuhan yang banyak dikesampingkan masyarakat karena lebih mengutamakan pemenuhan kebutuhan pokok, produk kecantikan seperti skin care hingga make up mengalami terjun bebas selama pandemi. Namun, ternyata bisnis produk kecantikan ini turut diprediksi sebagai salah satu usaha yang akan booming di tahun 2022 karena muncul kerinduan para kaum hawa untuk kembali peduli pada kecantikannya.

3. Kuliner

Bisnis kuliner memang bisa dikatakan sebagai salah satu jenis bisnis yang tahan banting di segala kondisi. Terbukti saat pandemi pun ternyata semakin bermunculan kuliner kreatif yang banyak dipasarkan secara online. Mulai dari katering sehat, menu diet, hingga aneka kuliner viral seperti corn dog, es boba, dan berbagai frozen food tidak ada salahnya untuk dicoba karena telah banyak pelaku bisnis yang sukses menjualnya.

4. Pelatihan Online

Penggunaan teknologi dan internet yang semakin pesat dari tahun ke tahun diperkirakan akan semakin meningkat pada tahun 2022. Hal ini, menurut Business News Daily, turut mendorong dunia edukasi yang semakin mudah dijangkau oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja, seperti kursus atau pelatihan online. Beberapa jenis pelatihan online yang berpotensi besar di tahun 2022 antara lain: bimbel, strategi pemasaran, bisnis, penulisan, bahasa asing dan kelas coding. Untuk mendukung jasa pelatihan online ini jangan lupa berikan pula media pendukung seperti materi dalam bentuk video atau e-book.

5. Digital Marketing Agency

Di zaman serba digital seperti saat ini siapa yang tak butuh digital marketing? Teknik pemasaran merupakan suatu hal yang terus berkembang sesuai zaman. Namun, karena keterbatasan waktu dan pengetahuan maka banyak pelaku usaha yang membutuhkan jasa digital marketing untuk menunjang strategi pemasarannya. Beberapa posisi penting yang sangat dibutuhkan dalam digital marketing ini antara lain: copywriting, content creator, Facebook Ads, Google Ads dan sebagainya.

6. Aksesoris Smartphone

Melansir laman Forbess, menurut salah satu digital entrepreneur Adam Enfroy, usaha penjualan aksesoris smartphone juga akan menjadi lahan basah di tahun 2022. Data pengguna smartphone dari tahun ke tahun di berbagai negara maju dan berkembang semakin meningkat. Tidak ada salahnya mencoba peruntungan dari bisnis ini. Mulai dari casing, screen guard, car holder, desk holder dan beragam pernak-pernik lainnya merupakan ide cemerlang untuk dijual di tahun 2022 karena terbukti selalu banyak peminatnya.

7. App Development

Bidang teknologi juga tak luput dari prediksi peluang usaha yang menguntungkan di tahun 2022. Hal ini dikarenakan dari tahun ke tahun penggunaan smartphone semakin meningkat. Para pengguna pun selalu membutuhkan update fitur-fitur baru di smartphone-nya untuk menunjang kebutuhan dan gaya hidupnya. Menurut laman Business News Daily, daripada merekrut tenaga developer, ternyata lebih banyak perusahaan yang mencari dan menggunakan jasa App Development. Kalau punya pengetahuan dan kemampuan di bidang ini, maka jangan ragu untuk meraup keuntungan dari peluang usaha teknologi di tahun 2022 ini.

8. Event Organizer

Pademi tak menyurutkan niat masyarakat untuk tetap menggelar pesta pernikahan, ulang tahun, rapat, khitanan, dan berbagai acara on-site lainnya. Usaha ini pun berpeluang besar makin meningkat di tahun 2022. Pastikan untuk memperhatikan protokol kesehatan untuk jasa event organizer on-site. Selain itu manfaatkan pula peluang bisnis sebagai virtual event planner dengan beberapa tugas pentingnya seperti membuat konferensi, networking, hingga trouble shooting handling karena event virtual bergantung pada penggunaan media teknologi dan internet.

9. Pet Shop

Memelihara hewan di rumah merupakan salah satu hobi yang telah lama dilakoni banyak orang. Sebuah hobi yang tak pernah lekang oleh zaman ini menjadi salah satu peluang usaha berpotensi profit besar di tahun 2022. Beberapa item yang bisa ditawarkan dalam bisnis pet shop ini antara lain: mainan, aksesoris, makanan, vitamin, jasa penitipan untuk mengurus, memandikan, melatih hingga konsultasi kesehatan hewan dengan melibatkan dokter hewan. Bahkan dengan bantuan tenaga pemasar dan penjualan yang baik maka bisa juga memperluas pangsa pasar dengan cara menjalin kerja sama dengan pihak lain, misalnya kepolisian untuk mensuplai aneka kebutuhan dari anjing pelacak.

10. Jasa Fotografi

Sejalan dengan adanya peluang aneka usaha ber-platform digital, maka keberadaan jasa fotografi profesional menjadi kian dibutuhkan. Dalam strategi marketing online sangat dibutuhkan adanya gambar atau foto produk yang menarik karena yang paling berpengaruh besar dalam mendatangkan hasrat beli dari calon konsumen adalah penampilan visual dari produk yang ditawarkan. Lengkapi pula jasa fotografi dengan jasa editing video karena sangat berguna bagi pembuatan iklan mini di berbagai platform media sosial.

Itulah beberapa trend usaha yang diprediksi akan mendatangkan banyak profit di tahun 2022. Dari kesemuanya nampak jelas bahwa jenis-jenis usaha tersebut lebih mengarah pada penggunaan teknologi digital. Berkaitan dengan pandemi hebat yang melanda di tahun 2020 – 2021 yang berdampak pada percepatan digitalisasi di berbagai bidang termasuk dunia usaha, serta penggunaan teknologi yang kian masif, maka teknologi digital mutlak ada untuk mendukung kelancaran usaha di tahun 2022. Tak hanya teknologi digital yang berkaitan dengan operasional bisnis saja. Teknologi digital juga berperan penting dalam memperlancar operasional internal usaha, seperti pada aspek pengelolaan SDM.

Perangkat Pendukung Trend Usaha 2022

Karyawan adalah SDM penggerak setiap jenis usaha yang harus dikelola dengan sebaik mungkin demi kelancaran bisnis. Apapun jenis usaha yang akan dijalankan di tahun 2022 pastikan didukung dengan manajemen kehadiran yang baik. Kehadiran karyawan perusahaan harus dipantau dan diatur sedemikian rupa agar perusahaan mengetahui bagaimana kinerja dan manajemen kehadiran karyawan bisa maksimal. Salah satunya, adalah dengan memakai mesin fingerprint wajah dan telapak tangan yang baik dari Fingerspot.

***
Artikel kali pertama dipublikasikan pada Intip Trend Usaha Laris Manis Tahun 2022


Posting Komentar untuk " Bisnis Usaha yang Menjanjikan di Tahun 2022 "