Ayo, Saatnya Migrasi Lakukan Absensi Sidik Jari Pakai Ponsel, Mudah Banget!

Sistem absensi mengalami perkembangan dari tahun ke tahun seiring dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan dunia bisnis. Dimulai dari penyampaian secara lisan; dicatat pada kertas; menggunakan mesin check clock; menggunakan kartu barcode, kartu magnetic stripe, kartu RFID (contactless); mesin absensi sidik jari PC based sensor; mesin absensi sidik jari standalone + kabel USB; mesin absensi sidik jari standalone + kabel USB + flashdisk; mesin absensi sidik jari TCP/IP, kartu, absensi wajah; mesin absensi web based cloud; hingga sistem absensi modern dengan mesin, web dan smartphone.

Ayo, Saatnya Migrasi Lakukan Absensi Sidik Jari Pakai Ponsel, Mudah Banget!

Keunggulan Menggunakan Absensi Pakai Sidik Jari

Dari perkembangan sistem absensi yang telah terjadi, penerapan teknologi biometrika dengan sidik jari hingga kini menjadi sistem absensi yang banyak digunakan karena memiliki banyak keunggulan, seperti:

1. Cara penggunaan yang mudah.

Karyawan hanya perlu melakukan scan atau pemindaian sidik jari pada permukaan sensor yang ada di mesin absensi.

2. Hemat kertas, biaya operasional, waktu dan tenaga.

Tidak perlu lagi mencetak kartu kehadiran yang membutuhkan banyak kertas. Cukup daftarkan saja data karyawan beserta sidik jarinya pada mesin absensi.

3. Harga mesin yang relatif murah.

Harga mesin absensi sidik jari cukup bervariasi, namun pada umumnya dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau, sehingga cocok untuk bisnis berskala kecil sekalipun.

4. Menekan tindakan indisipliner.
Dengan identifikasi sidik jari, maka salah satu tindakan indisipliner yang seringkali dilakukan yaitu titip absen tidak akan mungkin dapat dilakukan.

5. Pengolahan data laporan lebih mudah.
Mesin absensi dengan identifikasi sidik jari dapat mempermudah HRD dalam mengolah data laporan yang lebih akurat dan detail dengan aplikasi HR.

6. Lebih aman.
Mesin absensi sidik jari juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi karena dapat diatur hak akses menunya supaya hanya admin yang bertanggung jawab yang bisa mengakses menu yang ada di dalam mesin absensi. Selain itu, Jika menarik data absensi dengan menggunakan flashdisk maka secara otomatis data akan terenkripsi menjadi kode-kode rumit yang hanya dapat dibuka menggunakan aplikasi HR, sehingga dapat mencegah kasus manipulasi data absensi.

7. Memiliki tingkat akurasi yang tinggi.
Tidak ada satu orang pun di dunia ini yang memiliki pola sidik jari yang benar-benar sama. Sehingga, scan absensi hanya dapat dilakukan oleh orang yang bersangkutan dan pastinya lebih akurat.

Fitur Terbaru dari Fingerspot, Bisa Absensi Pakai Sidik Jari di Ponsel

Keunggulan teknologi biometrik dengan fingerprint atau sidik jari dalam mesin absensi terbukti efektif dan terus digunakan hingga saat ini. Bahkan, evolusi teknologi biometrik pun terus berkembang, dari yang awalnya berbentuk PC-Based, mesin absensi sidik jari standalone, dan kini Fingerspot.iO telah melakukan terobosan sistem absensi modern dengan mesin, web dan smartphone yang dikombinasikan dengan teknologi biometrik dimana karyawan tak hanya dapat melakukan absensi sidik jari di mesin, scan lokasi GPS dan foto selfie di App FiO yang tersedia di Android dan iOS, namun juga dapat melakukan absensi sidik jari di ponselnya.
***
Artikel kali pertama dipublikasikan pada Keren, Sekarang Bisa Absensi

Posting Komentar untuk " Ayo, Saatnya Migrasi Lakukan Absensi Sidik Jari Pakai Ponsel, Mudah Banget! "