Fingerspot.iO Memang Terbukti Ampuh Untuk Keberhasilan WFH

Hingga kini belum ada yang bisa memastikan kapan kantor akan kembali bekerja secara normal seperti sebelum pandemi melanda. Terlepas dari hal ini, dampak pandemi berkepanjangan telah mengubah cara bisnis beroperasi yang diprediksi akan berlangsung dalam waktu yang lama, bahkan kemungkinan besar akan selamanya. Yaitu, berubahnya sistem kerja konvensional menjadi lebih fleksibel.

Tak seperti di negara-negara maju, di Indonesia masih banyak pengusaha yang masih merasa ketakutan akan pelaksanaan sistem kerja fleksibel atau Work From Home (WFH). Pada umumnya para pengusaha yang belum siap akan sistem kerja ini takut tidak dapat berkomunikasi lancar dengan karyawannya. Menurut penelitian, penyebab buruknya komunikasi kerja jarak jauh adalah 42% dikarenakan gaya komunikasi yang berbeda, dan 34% karena tanggung jawab yang tidak jelas, serta 31% akibat tekanan waktu, sehingga manajemen perusahaan harus meyesuaikan gaya komunikasi dengan karyawan agar lebih efektif dengan mempertimbangkan pembagian tanggung jawab kerja dan teknologi.

Fingerspot.iO untuk keberhasilan WFH

Komunikasi Manajemen dan Teknologi yang Tepat untuk Kelancaran WFH

Semakin banyak perusahaan beralih pada Fingerspot.iO yang memberikan solusi komunikasi efektif selama menjalankan sistem kerja jarak jauh atau Work From Home (WFH). Dibekali teknologi untuk kemudahan komunikasi seperti penyampaian berbagai informasi yang dapat langsung terkirim pada seluruh karyawan via App FiO di ponselnya. Selain itu, berbagai bentuk komunikasi penting lainnya seperti yang berhubungan dengan proses self assessment karyawan bisa dengan mudah dilakukan oleh manajemen perusahaan dalam bentuk ujian online yang aman berbasis Safe Exam Browser (SEB).

Sebelum melaksanakan ujian, manajemen perusahaan dapat mengawali dengan komunikasi terkait pembekalan informasi, pengetahuan serta pelatihan berbasis E-Learning. Manajemen perusahaan cukup meng-upload materi berupa video maupun file PDF sesuai dengan kebutuhan perusahaan, lalu karyawan dapat mengaksesnya via ponsel. Tak hanya itu, melalui Fingerspot.iO karyawan juga dapat mengkomunikasikan langsung terkait kebutuhan izin secara fleksibel via App FiO di ponselnya, yang kemudian dapat segera dikonfirmasi oleh manajemen perusahaan dengan persetujuan hingga 5 tingkat atasan. Sedangkan terkait penyebab buruknya komunikasi pada sistem kerja jarak jauh yang dikarenakan tanggung jawab yang tidak jelas juga teratasi dengan Fingerspot.iO lewat fitur pengorganisasian struktur perusahaan yang lebih mudah, cukup dengan menambah kantor dan jabatan di dalam struktur organisasi dalam bentuk diagram pohon.

Bagaimana Produktifitas Karyawan yang Melakukan WFH?

Ketakutan lainnya yang dirasakan oleh para pelaku usaha ketika harus mengadopsi sistem kerja fleksibel yaitu tidak dapat memantau kinerja karyawan sehingga kemungkinan produktivitas karyawan akan menurun. Khawatir jika mereka bekerja di rumah maka tidak akan mampu melakukan tugas kerja sebanyak saat di kantor, ataupun tidak bekerja sesuai arahan menajemen tentang bagaimana, kapan dan di mana pekerjaan dilakukan. Pada kenyataannya, metode yang diterapkan oleh manajemen perusahaan yang begitu mendikte dan mendetil seperti ini sudah sangat ketinggalan jaman. Sebuah hasil lembaga survey memperlihatkan fakta bahwa sebanyak 62% responden melihat sikap manajemen sebagai faktor utama keberhasilan sistem kerja jarak jauh. Dalam sistem kerja fleksibel, karyawan lebih diukur pada output atau hasil kerjanya. Disamping itu, kekhawatiran atasan akan produktivitas karyawan yang rendah saat WFH tidak searah dengan banyaknya fenomena karyawan yang justru tidak dapat merasakan work-life balance dimana mereka tidak bisa membedakan waktu kerja dan keluarga, sehingga merasa terus menerus bekerja tanpa ada batasan waktu yang jelas.

Dengan mengadopsi sistem kerja jarak jauh atau WFH yang lebih fleksibel dan menilai pada hasil kerja setiap karyawan ini, maka budaya kerja pun bergeser ke arah yang lebih positif. Ketika perusahaan menerapkan sistem kerja yang lebih menyoroti hasil kerja, maka kompetisi antar karyawan jadi lebih profesional. Manajemen perusahaan masa kini harus bisa memberikan kepercayaan pada karyawan dan memfasilitasi kebiasaan kerja yang lebih baik dengan teknologi yang membuat karyawan nyaman, merasa puas dan lebih produktif. Pilih teknologi yang dapat membuat karyawan merasakan pengalaman terbaik dalam bekerja serta dapat memudahkan mereka beradaptasi dengan perubahan sistem kerja, sekaligus memudahkan manajemen perusahaan dalam mengawasi dan mengontrol karyawan agar tetap mengarah pada visi misi perusahaan. Fingerspot.iO telah menjadi partner banyak bisnis dalam mewujudkan kelancaran sistem kerja jarak jauh atau WFH.

Telah banyak yang membuktikan kemudahan Fingerspot.iO dalam memantau produktifitas karyawan selama bekerja dari rumah lewat fitur Laporan Kerja yang memungkinkan karyawan untuk melaporkan hasil kerjanya via App FiO di ponselnya pada atasan dalam berbagai format. Didukung pula dengan fitur Todo sebagai pengingat aktivitas kerja yang dapat memudahkan atasan untuk melihat tugas dan pengajuan karyawan, dimana atasan dapat melakukan approval untuk setiap pengajuan tugas karyawan.

Untuk membantu karyawan agar bekerja sesuai proporsinya demi mendapatkan work-life balance selama WFH, manajemen perusahaan dapat menggunakan fitur pengaturan jam dan jadwal kerja yang efektif. Atur jam dan jadwal kerja dari masing-masing karyawan berdasarkan jabatannya. Selain itu, waktu kerja karyawan juga terpantau optimal dengan adanya data absensi yang akurat dengan metode absensi menggunakan scan anti-fake GPS dan foto langsung dari kamera depan dan belakang ponsel karyawan.

***
Artikel kali pertama dipublikasikan pada Fingerspot.iO Terbukti Ampuh untuk Keberhasilan WFH

Posting Komentar untuk " Fingerspot.iO Memang Terbukti Ampuh Untuk Keberhasilan WFH "