Digitalisasi Manajemen Karyawan untuk Memajukan Perusahaan

Digitalisasi Manajemen Karyawan untuk Memajukan Perusahaan
Digitalisasi Manajemen Karyawan untuk Memajukan Perusahaan

Digitalisasi di dunia usaha adalah sebuah proses dan strategi penggunaan teknologi digital yang secara drastis mengubah cara perusahaan beroperasi untuk menuju kemajuan. Setiap perusahaan, terlepas dari ukuran dan industrinya, kini semakin bergantung pada data dan teknologi untuk dapat beroperasi lebih efisien. Hadirnya teknologi seperti kecerdasan buatan (AI), cloud computing dan Internet of Things (IoT) menjadi faktor utama yang mempercepat transformasi digital. Didukung pula dengan teknologi dasar seperti manajemen data dan analitik untuk menganalisis sejumlah besar data yang dihasilkan dari transformasi digital sehingga dapat membantu mencapai tujuan perusahaan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa transformasi digital mempengaruhi semua jenis dan ukuran bisnis. Perusahaan start-up, kecil, menengah hingga perusahaan global harus mampu mengikuti digitalisasi agar dapat mempertahankan dan semakin mengembangkan usahanya. Setiap komponen yang ada di dalam perusahaan pun harus Go Digital, termasuk pihak manajemen perusahaan dan karyawan. Memiliki peran vital dalam memajukan perusahaan, manajemen perusahaan dan karyawan harus gesit dalam mengimplementasikan modernisasi dan digitalisasi di lingkup kerjanya.

Berikut beberapa bentuk digitalisasi manajemen perusahaan dan karyawan yang sangat penting untuk dilakukan sebagai strategi ampuh dalam memajukan perusahaan di masa kini:

1. Menunjang Keamanan dan Kesehatan karyawan

Masa pandemi menjadi titik krusial dimana pemerintah semakin gencar menyerukan pentingnya menunjang keamanan dan kesehatan karyawan. Perusahaan pun harus mampu memilih cara pengelolaan yang tepat untuk menjaga efektivitas perusahaan dengan memperhatikan keamanan dan kesehatan karyawannya. Hal ini bisa teratasi dengan mengadaptasi penggunaan platform digital yang memungkinkan sistem kerja terotomatisasi seperti aplikasi HR yang dapat memberikan kemudahan pengaturan Jam dan Jadwal Kerja seluruh karyawan, dimana seluruh karyawan, baik yang bekerja di kantor, bekerja di rumah (WFH), karyawan dengan mobilitas tinggi seperti sales kanvasing, sopir, hingga satpam dapat melakukan absensi dengan mudah dan aman seperti scan kehadiran mengunakan GPS dan selfie.

Notifikasi absensi karyawan ini terkirim secara realtime ke manajemen perusahaan untuk selanjutnya dapat dilakukan persetujuan scan GPS karyawan bahkan yang dilakukan di luar radius kantor. Terdapat tanda kunjungan kerja karyawan sehingga manajemen perusahaan dapat memantau lokasi karyawan di berbagai tempat serta pemantauan lokasi karyawan dalam bentuk clustering maps untuk memudahkan dalam mengetahui apakah karyawan berada di zona yang aman. Adanya timeline yang informatif juga semakin memudahkan manajemen perusahaan dalam pemantauan karyawan.

Agar lebih terjaga keamanan dan kesehatan karyawan juga tidak perlu selalu datang ke kantor hanya untuk mengajukan izin. Penggunaan aplikasi digital seperti Fingerspot.iO memungkinkan setiap karyawan di mana pun ia berada untuk melakukan pengajuan Izin yang fleksibel dan efektif melalui persetujuan Izin Hingga 5 Tingkatan dan konfirmasi persetujuan dalam hitungan detik saja.

Sistem kerja karyawan yang bekerja di kantor pun harus tetap mengedepankan keamanan dan kesehatan karyawan, seperti dengan menggunakan e-Meal Coupon untuk menghindari kontak fisik dengan uang yang menjadi sarang kuman. Karyawan juga bisa akses ruangan menggunakan ponsel agar lebih higienis. Bahkan pada aplikasi Fingerspot.iO juga tersedia informasi suhu tubuh karyawan, deteksi wajah tanpa masker atau penggunaan masker yang tidak tepat, hingga kemudahan karyawan dalam mendapatkan bantuan saat keadaan darurat.

2. Meningkatkan Produktivitas dan Kualitas Karyawan

Penggunaan platform digital juga memberikan manfaat untuk mendukung manajemen perusahaan dan karyawan dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas karyawan. Era digital yang memungkinkan karyawan untuk bekerja di tempat dan waktu yang fleksibel dapat memberikan keuntungan efektivitas dan efisiensi yang lebih besar untuk kemajuan perusahaan. Seperti adanya Fitur To-Do di aplikasi Fingerspot.iO yang dapat memudahkan review serta approval tugas dan pengajuan karyawan. Meski berada dalam kondisi yang terkendala jarak dan waktu, manajemen perusahaan tetap dapat memantau kinerja karyawan secara realtime, memberikan materi untuk upgrade pengetahuan dan kemampuan seluruh karyawan lewat e-Learning, hingga ujian online karyawan dalam rangka memenuhi self assessment yang lebih mudah dan aman, dan akurat.

3. Memberikan Manfaat bagi Semua yang Ada di Perusahaan

Digitalisasi hadir untuk memudahkan dan mempercepat kerja manajemen serta memberikan kenyamanan bagi karyawan. Mungkin banyak yang belum menyadari bahwa perpaduan 2 hal yang dapat memberikan manfaat pada semua orang di dalam perusahaan ini dapat memperlancar keseluruhan proses operasional perusahaan yang pada akhirnya dapat memajukan perusahaan. Misalnya, dalam hal komunikasi. Menciptakan komunikasi yang baik di lingkungan kerja merupakan salah satu tugas manajemen perusahaan. Miskomunikasi sangat rawan terjadi seperti masalah penyampaian berbagai informasi dari perusahaan hingga masalah krusial seperti penggajian. 

Pada platform digital untuk manajemen perusahaan dan karyawan seperti Fingerspot.iO dapat mempermudah pengiriman berbagai pengumuman perusahaan serta didukung dengan kemudahan manajemen penggajian karyawan, perhitungan penggajian karyawan, perhitungan BPJS Kesehatan & Ketenagakerjaan, transaksi penggajian lebih mudah, pengaturan hak akses penggajian, hingga approval draft gaji karyawan. Karyawan juga dapat menerima slip gaji online lengkap dengan histori penggajian.

***
Artikel kali pertama dipublikasikan pada  Digitalisasi Manajemen Perusahaan

Posting Komentar untuk " Digitalisasi Manajemen Karyawan untuk Memajukan Perusahaan "