Menu Melayang

Selasa, 15 Juni 2021

Lakukan 3 Hal di bawah ini, Maka Perusahaanmu Akan Berkembang


Lakukan 3 Hal di bawah ini, Maka Perusahaanmu Akan Berkembang

Memiliki usaha yang terus berkembang maju adalah harapan setiap pengusaha. Namun, tak semua bisa merasakannya. Mungkin sempat terbesit rasa penasaran bagaimana sebuah usaha bisa bertahan bahkan semakin maju dari masa ke masa, atau sebuah brand yang hampir tak pernah kalah saing bahkan semakin dicintai customer secara luas.

Perlu diketahui, saat ini sebanyak 85% brand lebih banyak bersaing berdasarkan pengalaman customer. pengalaman customer yang dimaksud terdiri dari 2 komponen penting yang tidak terpisahkan, yakni kualitas produk dan pelayanan prima. Selain memiliki produk yang berkualitas, sebuah usaha juga perlu memiliki pelayanan prima untuk menyenangkan, memuaskan dan mengoptimalkan pengalaman customer secara berkelanjutan.


Manfaat Pelayanan Prima

Punya pelayanan prima sangat penting untuk apapun jenis usahanya. Apalagi jika memiliki saingan dengan perusahaan lain yang menjual barang atau jasa serupa. Usahakan agar senantiasa dapat menarik banyak customer baru dan mempertahankan loyalitas pelanggan lama. Intinya, sebagai pelaku usaha harus mampu memenangkan hati para pelanggan.

Akan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika perusahaan memiliki pelayanan prima. Beberapa manfaat utamanya antara lain:

1. Meningkatkan branding
Pernah dengar kan sebuah klise dalam masyarakat yang mengatakan ‘kesan pertama begitu menggoda’. Ternyata bukan sekedar klise sosial lho, karena hal ini juga sangat berpengaruh pada bisnis dalam hal ‘kesadaran merek’. Setiap kali customer merasa membutuhkan suatu produk ia akan langsung mengingat produk yang Anda jual. Bagaimana bisa begitu? Karena ia pernah membeli produk Anda yang membuatnya puas, senang dan merasakan pengalaman yang optimal.

2. Memperluas marketing
Penting untuk dipahami, bahwa customer yang telah puas, senang dan merasakan pengalaman yang optimal akan dengan segera berubah menjadi pendukung setia yang bukan hanya setia dalam menggunakan produk Anda, namun juga dengan senang hati mereferensikan produk Anda pada orang lain. Tanpa disadari, pemasaran produk Anda pun kian meluas dan menambah para customer baru.

3. Mempertinggi pendapatan dan keuntungan
Memiliki banyak pelanggan setia dan banyak tambahan customer baru sudah pasti akan berdampak pada semakin tingginya pendapatan dan keuntungan usaha yang bisa Anda dapatkan. Customer yang merasa puas dan senang memiliki kecenderungan akan membelanjakan uangnya lebih banyak pada suatu produk atau jasa. Mereka tidak akan pikir panjang dalam mengeluarkan uangnya demi pengalaman yang luar biasa akan produk dan jasa yang Anda berikan. Bahkan sebanyak 86% customer dalam sebuah riset menyatakan tidak keberatan membayar lebih untuk layanan yang prima.


Cara Memberikan Pelayanan Prima

Setelah mengetahui betapa besarnya manfaat pelayanan prima untuk setiap usaha yang dimiliki, sekarang saatnya memenuhi beberapa kriteria agar dapat memberikan pelayanan prima pada customer. Pada dasarnya, semua jenis usaha yang menawarkan produk atau jasa harus memiliki beberapa kriteria berikut agar usaha tetap bisa berjalan, meski banyak pesaing menghadang. Apa saja?

1. Produk atau jasa yang berkualitas
Bisa jadi, produk atau jasa yang Anda jual sudah banyak dijual oleh perusahaan lain. Untuk itu, lakukan riset dan inovasi secara konsisten agar produk dan jasa yang Anda jual bisa menjawab kebutuhan setiap customer dari masa ke masa. Berikan garansi resmi, media konsultasi, serta kemudahan bagi customer dalam menjangkau produk dan jasa yang Anda tawarkan.

2. SDM yang profesional
Berikan edukasi product knowledge dan SOP yang jelas untuk para staf yang terlibat secara langsung dalam melayani customer. Staf yang bersangkutan harus menguasai informasi tentang perusahaan, produk atau jasa yang dijual, mengenali kebutuhan customer, mampu memberikan pelayanan yang ramah dan sopan, menjelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami customer, mendengarkan keluhan customer dan berupaya memberikan solusi secara cepat dan tepat, serta tak segan meminta maaf jika ada yang hal yang kurang berkenan pada customer.

3. Customer Service ada 
Ketika seorang customer memutuskan membeli perangkat elektronik tentu haru mengetahui bagaimana layanan after sales selanjutnya. Apakah ada Customer Service? Ada showroomnya? Garansinya bagaimana? Customer akan merasa lebih mantap dalam bertransaksi jika Customer Service ada di kotanya. Tidak jauh dari tempat customer melakukan pembelian. Mengapa? Karena sudah biasa ketika perangkat elektronik itu trouble dan sebagainya, tentu mereka akan datang dengan sendirinya ke showroom untuk mencari solusi, lha kalau tidak ada? Maka akan cepat-cepat perusahaanmu kehilangan customernya.


Contoh Pelayanan Prima

Kualitas produk/jasa dan pelayanan prima sebagai 3 poin penting yang membentuk pengalaman terbaik customer bisa dilihat pada perusahaan-perusahaan profesional yang telah mempraktikkannya sehingga membuatnya makin dipercaya dari masa ke masa oleh para customer setianya yang tersebar di seluruh Indonesia. Salah satu brand yang senantiasa memperhatikan kualitas produk dan pelayanan prima adalah Fingerspot. Dengan 23 kantor yang tersebar di 14 kota di Indonesia, Fingerspot telah dipercaya customer selama 18 tahun dalam menyediakan mesin absensi multi-identifikasi dengan teknologi terkini, software penggajian dan absensi perusahaan serta sekolah, akses kontrol pintu, hingga Software Development Kit (SDK). Jadi itulah alasan mengapa Jual Alat Absensi bekerja sama dengan Fingerspot dalam menyediakan alat absensi yang terbaik dan after sales yang bagus.

Fingerspot senantiasa memberikan pelayanan prima pada seluruh customer dalam paket Fingerspot care, sebuah layanan purna jual yang paling memahami kebutuhan usahamu. Ada training produk dan software, Live chat dan konsultasi, serta dukungan teknis komprehensif.

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel

ORDER