Era New Normal: Era Kerja dengan Fingerspot


New Era Normal

Covid-19 hingga kini masih menjadi trending topic yang menduduki puncak masalah global yang terus dikaji untuk ditemukan solusinya. Pandemi yang berdampak pada seluruh lini kehidupan masyarakat ini membuat perekonomian sempat collapse seperti yang saat ini tengah terjadi di tanah air. Terhambatnya laju perekonomian tersebut menimbulkan berbagai masalah dalam kehidupan masyarakat, mulai dari tingkat kesejahteraan yang menurun hingga meningkatnya tindak kejahatan. Untuk itu diperlukan keseriusan dan kontinuitas dalam mengatasinya. Sebuah langkah solutif pun telah diambil pemerintah, yaitu dengan menghidupkan kembali aktivitas perekonomian masyarakat di masa new normal.

Terkait upaya ini, kementerian ketenagakerjaan menghimbau seluruh perusahaan baik negeri maupun swasta untuk menyusun perencanaan pola kerja dan penerapan protokol kesehatan Covid-19 dalam upaya menghidupkan kembali aktivitas perekonomian masyarakat demi keberlangsungan usaha di tengah pandemi Covid-19.

Oleh karenanya, sangat penting bagi setiap perusahaan untuk menyusun rencana kerja fleksibel yang mencakup penyesuaian jam dan tempat kerja bagi seluruh karyawannya. Dalam penyusunan pola kerja tersebut sebaiknya disesuaikan dengan kondisi perusahaan, seperti jenis proses produksi maupun kondisi karyawan.

Dalam membuat rencana pola kerja sekaligus menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19, perusahaan tidak bisa sembarangan, namun harus berpedoman pada Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Nomor M/7/AS.02.02/V/2020 yang mengatur tentang rencana keberlangsungan usaha dalam menghadapi pandemi Covid-19. Ada juga protokol Pencegahan Penularan Covid-19 di lingkungan kerja atau perusahaan, Surat Edaran Ketua Pelaksana Gugus Tugas Nomor 8/2020, dan Peraturan Pemerintah masing-masing daerah tempat perusahaan berada.

Berdasarkan hal ini muncul sebuah tatanan baru dunia kerja dalam masa kenormalan baru atau new normal yang disebut sebagai Flexible Working Space (FWS) yaitu, pengaturan pola kerja karyawan yang memberikan fleksibilitas waktu dan lokasi kerja selama pandemi Covid-19.

Sebenarnya, pola atau jadwal kerja fleksibel ini bukanlah hal yang baru. Sejak awal masa industri 4.0 sistem kerja yang disebut juga dengan istilah remote working ini telah banyak diadaptasi oleh berbagai perusahaan berskala kecil, sedang, hingga besar di berbagai negara, khususnya di negara maju. Karena sudah cukup sering diterapkan, maka dalam perkembangannya dapat diketahui bahwa jadwal kerja fleksibel ini memiliki beberapa tantangan sekaligus manfaat bagi perusahaan hingga karyawan.

Adapun beberapa tantangannya adalah sebagai berikut:

Karyawan: 
Harus memiliki kemampuan untuk bekerja secara mandiri; cepat beradaptasi dengan pola kerja yang baru; bertanggung jawab pada pekerjaannya; responsif terhadap atasan atau rekan kerja lain walau terpisah jarak dan waktu; memiliki daya inisiatif yang tinggi; mampu menunjukkan hasil nyata pekerjaannya, serta memahami teknologi informasi.

Atasan:
Harus memiliki kemampuan kontrol kerja seluruh stafnya dengan baik meski jarak jauh, mampu memantau kinerja staf atau karyawan dengan efektif, dapat memastikan semua tugas terdelegasikan dan terselesaikan tepat waktu, serta menyampaikan berbagai informasi penting seperti product knowledge, materi briefing atau meeting secara cepat dan akurat, harus dapat menilai secara obyektif dan mengambil keputusan terbaik untuk langkah selanjutnya demi masa depan perusahaan berdasarkan data nyata hasil kerja seluruh karyawan dan dampaknya bagi perusahaan.

Semua tantangan ini terjawab dengan pemanfaatan teknologi yang bijak dan tepat guna. Mengutip dari apa yang pernah disampaikan oleh Direktur Jenderal Aptika, Samuel Abrijani Pangerapan, bahwa kunci dalam menjalankan pekerjaan dengan jadwal yang fleksibel adalah dengan mengetahui cara-cara terbaik yang dapat diterapkan dalam rutinitas bekerja, serta menguasai teknologi yang memudahkan dalam berkoordinasi dan berkolaborasi selama bekerja di masa pandemi.

Menyadari pentingnya peranan teknologi yang semakin meningkat di masa pandemi, Fingerspot.iO menghadirkan fitur Jadwal Kerja Fleksibel untuk mengubah setiap tantangan yang muncul pada pola kerja yang fleksibel ini menjadi berbagai manfaat baik untuk perusahaan maupun karyawan, seperti:
Karyawan: Dapat lebih leluasa dalam mengatur jam kerjanya sesuai dengan durasi jam kerja yang telah ditetapkan perusahaan; mengurangi jumlah absen atau izin yang berdampak pada penilaian kedisiplinan; menghindari kemacetan lalu lintas; dan tentu saja meminimalisir resiko terpapar Covid-19.

Perusahaan: Dapat mengurangi jumlah ketidakhadiran seperti izin yang biasanya dilakukan karyawan yang berdampak pada terhambatnya penyelesaian suatu tugas kerja; turut serta mendukung pemerintah dalam upaya mengatasi masalah Covid-19; menjaga keberlangsungan usaha; serta dapat terus memenuhi kebutuhan masyarakat terkait penyediaan suatu barang atau jasa.

Selain memiliki berbagai manfaat yang sangat ideal untuk ditetapkan pada perusahaan, Fitur Jadwal Kerja Fleksibel di Fingerspot.iO juga memiliki pengaturan yang sangat mudah, yaitu:

  1. Manajemen perusahaan menetapkan kebijakan perusahaan terkait jadwal kerja karyawan. Misalnya, telah ditetapkan bahwa hari kerja aktif adalah senin, selasa, rabu, kamis, dan jumat, dengan jam kerja karyawan per harinya adalah 8 jam.
  2. Manajemen perusahaan menetapkan range atau kisaran jam kerja. Misalnya, dari jam 00:00 hingga 21:00. Di dalam kisaran jam kerja tersebut karyawan dapat melakukan absensi kehadiran kerja.
  3. Karyawan dapat dikatakan bekerja, jika bekerja sesuai dengan jam minimal hingga jam maksimal yang telah ditetapkan perusahaan. Misalkan perusahaan menyeting minimal jam kerja karyawan selama 60 menit, dan maksimal 480 menit, dimana hitungan tersebut disesuaikan dengan ketetapan jam kerja per harinya, yang dalam contoh ini adalah 8 jam per hari.
  4. Di dalam range atau kisaran jam kerja tersebut, karyawan bebas mengatur jam kerjanya, dengan syarat, harus tetap sesuai dengan durasi jam kerja yang telah ditetapkan oleh pihak manajemen perusahaan.

Dengan memanfaatkan Fitur Jadwal Kerja Fleksibel di Fingerspot.iO maka pola kerja baru di era new normal yang diterapkan perusahaan Anda akan dapat berjalan dengan lebih praktis dan efektif. Ditambah lebih ekonomis lagi, karena selama masa promo Fingerspot.iO ada promo SUPER DEAL yang akan memberikan Anda berbagai keuntungan seperti GRATIS Voucher 1 juta, DISKON 50%, dan GRATIS Mesin Absensi WiFi. Promo ini khusus untuk pengguna baru Fingerspot.iO. Info lengkapnya, bisa langsung chat dengan CSO di fingerspot.com
***
Artikel kali pertama kali dipublikasikan di sini

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.