6 Tips Canggih Tingkatkan Kinerja Karyawan

Sering merasa kesal karena target perusahaan belum tercapai maksimal? Anda harus mengamati kinerja karyawan lebih detail mulai dari sekarang. Cari tahu hal apa yang menyebabkan target belum tercapai semua terutama produktivitas kerja. Tingginya produktivitas kerja akan memudahkan perusahaan mencapai target-target dengan efektif. Karena karyawan merupakan aset bagi perusahaan, maka pengelolaan sumber daya manusia atau karyawan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Lalu, bagaimana caranya meningkatkan produktivitas kerja karyawan? 

Simak rahasianya 6 Tips Canggih Tingkatkan Kinerja Karyawan di bawah ini.

1. Berikan lingkungan kerja yang baik


Menurut beberapa ahli, karyawan yang bekerja di lingkungan kerja yang baik dapat lebih produktif dalam bekerja. Yang dimaksud lingkungan kerja yang baik adalah suasana kantor yang nyaman, desain ruangan kantor yang menarik dan menginspirasi, fasilitas kerja yang memadai, budaya kerja yang bagus dan rekan kerja yang dapat diajak kerja sama.

2. Training kerja


Bagi karyawan yang masih baru, training kerja merupakan hal wajib agar mereka dapat mengerjakan tugas dengan tepat. Tapi Anda harus ingat bahwa training kerja tidak hanya berlaku untuk karyawan baru melainkan juga karyawan lama sehingga mereka juga dapat mengimbangi perkembangan zaman dan teknologi terkini.

3. Berikan tujuan dan target kerja yang jelas


Hidup harus memiliki tujuan yang jelas agar bisa mencapai apa yang diinginkan. Dalam dunia kerja pun demikian. Berikanlah tujuan dan target kerja yang jelas juga realistis agar mereka bisa fokus dan mencari cara agar tujuan perusahaan bisa tercapai. Jika sudah tercapai, karyawan akan merasakan kepuasan kerja.

4. Kritik, saran dan apresiasi hasil kerja karyawan


Karyawan akan merasa diperhatikan bila Anda sebagai atasan mau memberikan kritik dan saran atas hasil kerjanya. Memberikan apresiasi atas hasil kerja keras dan kedisiplinan karyawan juga dapat meningkatkan produktivitas serta tanggung jawab mereka terhadap pekerjaan. Apresiasi ini bisa berupa pujian maupun reward agar mereka semakin semangat bekerja. Untuk mengetahui karyawan mana saja yang selalu hadir tepat waktu, Anda dapat menggunakan Fingerspot.net. Notifikasi kehadiran karyawan akan dikirim melalui email (fitur Email Monitoring) atau aplikasi mobile Fingerspot.net.

5. Bertukar pikiran


Setiap seminggu sekali, kumpulkan semua karyawan untuk bertukar pikiran dengan mengadakan meeting mengenai rencana pelaksanaan pencapaian target. Berikan mereka kesempatan untuk menyampaikan ide, kritik, dan saran sehingga mereka nyaman berdiskusi dengan Anda. Tanyakan pula apa hal sulit yang mereka alami selama mengerjakan suatu tugas dan cari solusi bersama untuk mengatasi hal tersebut. Kegiatan ini juga membuat karyawan dapat bekerja dengan nyaman karena merasa dihargai oleh perusahaan.

6. Terapkan kedisiplinan dalam bekerja


Disiplin adalah bentuk pengendalian diri agar bisa teratur dalam melaksanakan setiap tugas yang ada. Bentuk kedisiplinan kerja di antaranya menaati peraturan perusahaan, datang kerja tepat waktu, tidak pernah bolos kerja, mengerjakan tugas dengan cepat dan efektif, bertanggung jawab dengan beban tugas yang telah diberikan, dan sebagainya.



Di antara keenam poin di atas, kedisiplinan dalam bekerja sangat berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan. Ayo, segera manfaatkan mesin absensi Fingerspot dan layanan cloud Fingerspot.net untuk memantau kehadiran karyawan di berbagai lokasi cabang perusahaan!

***
Artikel kali pertama dipublikasikan di 6 Rahasia Sukses Meningkatkan

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.