4 Hal Wajib Diketahui Seorang Marketing

Bagi Anda yang berencana untuk memulai sebuah bisnis, dunia marketing atau pemasaran adalah salah satu kunci yang harus Anda kuasai. Pasalnya, strategi pemasaran adalah salah satu penentu keberhasilan dalam bisnis Anda untuk jangka panjang. Menjual dan memasarkan adalah pasangan yang kompak. Lagi pula Rasulullah sallahu'alaihi wa sallam juga berdagang, so pekerjaan ini mulia sob, yuk baca ulasan di bawah ini.

Pemasaran bisa dikatakan sebagai proses pengajaran kepada konsumen agar mereka paham mengapa harus memilih produk atau layanan Anda. Dalam menjalankan bisnis kuncinya adalah menemukan metode pemasaran yang tepat dan menentukan target pemasaran yang tepat. Anda pun juga harus dapat mempengaruhi konsumen Anda.

Perlu Anda ketahui, beberapa pebisnis terkadang melakukan kesalahan dengan menganggap bahwa pemasaran hanyalah salah satu faktor kecil dalam penentu keberhasilan berbisnis. Padahal, pemasaran adalah segalanya dalam mengembangkan bisnis Anda. Pemasaran dalam hal ini menyangkut segala aspek seperti ikan, layanan, hingga perawatan terhadap produk yang Anda berikan.

Greety Images

Melansir laman The Balance, berikut adalah hal-hal yang perlu Anda pahami tentang pemasaran dalam menjalankan bisnis Anda:

1. Tahap Awal Pemasaran

Dalam memulai bisnis, Anda harus menciptakan konsep produk atau layanan, mengidentifikasi siapa yang mungkin membelinya, mempromosikannya dan menjualnya melalui saluran penjualan yang tepat. Menentukan target dan segmen user yang dibidik. Tidak inginkan Anda menjual produk untuk manusia kelas menengah ke atas, namun dari segi packaging dan promosi msih menggunakan cara sederhana dan manual. Misalnya hanya dengan pamflet dan iklan di surat kabar. Kalu ingin hasil yang maksimal iklan di media online, promosiakn dengan jasa Ads Facebook, pemasaran yang meluas sampai ke seluruh Indonesia, kalau bisa sampai ke dunia.

2. Empat Kunci Utama Pemasaran

Anda harus memperhatikan 4 kunci utama dalam pemasaran, yaitu produk, harga, promosi dan tempat. Dimulai dengan produk, Anda harus memahami prosedur yang harus Anda lewati sebelum produk Anda siap dijual. Anda juga perlu menentukan ukuran, kemasan, hingga ciri khas dari produk Anda sehingga dapat menarik minat masyarakat.

Setelah itu, Anda juga harus mengetahui harga yang tepat untuk produk Anda. Mulailah melakukan survei untuk menentukan harga penjualan produk Anda. Pada tahap awal, cobalah menjual produk dengan harga yang tak jauh berbeda atau bahkan sama dengan pesaing Anda.

Pastikan Anda mendapatkan keuntungan dari penjualan Anda. Apabila produk Anda memperoleh respon positif dari pasar, maka Anda dapat beralih ke fase selanjutnya, yaitu inovasi produk.

Selanjutnya, Anda juga perlu memperhatikan aspek promosi dalam penjualan produk Anda. Promosi ini berkaitan dengan brosur, iklan, dan informasi yang digunakan untuk menarik minat masyarakat. Anda juga dapat melakukan promosi barang dagangan di pameran dagang.

Terakhir adalah tempat. Tempat Anda melakukan penjualan juga berkaitan dengan aspek distribusi. Tentukan tempat yang strategis bagi penjualan produk Anda. Terdapat beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih seperti rantai distribusi hingga biaya distribusi.

3. Tujuan Pemasaran

Anda perlu memahami hal-hal yang berkaitan dengan tujuan pemasaran seperti target pasar, hingga sifat pembeli. Anda juga harus dapat memberikan fasiltas kepada para pembeli agar dapat merasakan manfaat besar dalam produk Anda dengan risiko pembelian yang minimal.

Anda dapat melakukan inovasi seperti memberikan kupon diskon, hadiah, atau inovasi lainnya yang dapat menarik minat pembeli.

4. Sarana Pemasaran

Terakhir, Anda juga perlu memahami sarana yang dapat Anda gunakan sebagai target pemasaran. Di antaranya adalah iklan di media cetak dan elektronik, radio, dan televisi.

Tak hanya itu, Anda juga dapat melakukan pemasaran produk Anda melalui layanan internet dan sosial media. Anda juga dapat melakukan pemasaran melalui tulisan di website yang Anda kelola sendiri.

Perlu Anda pahami, kunci dari pemasaran adalah bagaimana membuat konsumen kenal dan mengerti tentang produk Anda. Balutlah penjualan produk Anda dengan inovasi yang kreatif sehingga mampu menarik perhatian masyarakat.

***
Artikel kali pertama dipublikasikan di Belajar Marketing

So, ayo segera ambil tindakan Are You Ready, Guys!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.