3 Cara Jitu Melindungi Keamanan Aset Perusahaan

Keamanan adalah keadaan bebas dari bahaya. Istilah ini bisa digunakan dengan hubungan kepada kejahatan, segala bentuk kecelakaan, dan lain-lain (wikipedia). Faktor keamanan pada era jaman now adalah salah satu hal yang sangat penting dan dibutuhkan di berbagai aspek kehidupan, termasuk keamanan suatu ruangan (room). Terlebih jika di dalam ruangan tersebut terdapat aset perusahaan yang sangat penting, sangat berharga, mempunyai sifat rahasia, atau setidaknya sesuatu yang tidak diperuntukkan secara umum karena bersifat pribadi. 

Pembatasan hak akses untuk ruangan tertentu mutlak adanya terutama di dalam sebuah perusahaan. Hal ini dikarenakan pada sebuah perusahaan terdapat banyak benda penting mulai dari berbagai inventaris kantor, dokumen, kas perusahaan, dan berbagai aset penting lainnya. Sedangkan di dalam perusahaan tersebut juga merupakan tempat berlalu lalangnya para pekerja dari berbagai divisi. Pada umumnya memang setiap pekerja dalam suatu divisi ditempatkan pada suatu ruangan tertentu yang berbeda dengan divisi lain. Namun bukan berarti ruangan lain aman dari jangkauan orang yang tidak berkepentingan. 

3 Cara Jitu Melindungi Keamanan Aset Perusahaan
Security via inbusiness.ae
Kejahatan yang seringkali muncul karena adanya kesempatan membuat kita harus berpikir ulang tentang keamanan suatu ruangan di dalam perusahaan. Memberikan kepercayaan pada pekerja adalah sebuah keharusan, namun agar lebih aman bisa mengimbangi dengan usaha pengamanan yang optimal dan profesional, seperti beberapa tips berikut: 

1. Menggunakan mesin akses kontrol pintu 

Saat ini telah tersedia alat absensi sekaligus akses kontrol pintu (access door) yang dapat dimanfaatkan kedua fungsi tersebut praktis dalam satu alat absensi seperti Neo A-152NC Plus dan Revo FF-162BNC. Selain menghemat ruang, tentunya juga menghemat budget perusahaan untuk pengadaan inventaris kantor. Apalagi saat ini masih ada kesempatan untuk mendapatkan alat absensi sekaligus akses kontrol dengan harga super hemat dengan menggunakan tipe alat absensi Neo A-152NC plus dan Revo FF-162BNC

Kedua alat absensi ini kami sarankan sesuai dengan keunggulan fitur masing-masing alat absensi. Fitur yang mencolok adalah alat absensi tipe Neo A-152NC Plus menggunakan sensor sidik jari, password, dan kartu RFID. Harga paling bagus simpel dan bentuknya kecil tidak menyita ruang tembok/ media. Sedangkan untuk tipe alat absensi Revo FF-162BNC adalah menggunakan sensor wajah, sidik jari, kartu RFID dan password. Bentuk fisik cukup besar dan terlihat lebih kokoh jika dipasang di tembok. 

3 Cara Jitu Melindungi Keamanan Aset Perusahaan
Rangkaian mesin akses kontrol pintu menggunakan Neo A-152NC Plus via Fingerspot.com


2. Memasang mesin akses kontrol pintu sesuai kebutuhan 

3 Cara Jitu Melindungi Keamanan Aset Perusahaan
Contoh pemasangan mesin akses kontrol
3 Cara Jitu Melindungi Keamanan Aset Perusahaan
Contoh mesin akses kontrol menggunakan Neo A-152NC Plus

Mesin akses kontrol pintu pada umumnya memiliki disain yang praktis untuk ditempatkan di berbagai tempat yang diinginkan. Misalnya mesin akan diletakkan di ruang kasir, maka alat absensi bisa dipasang di dekat pintu masuk ruangan kasir. Dengan pemasangan ini maka dapat membatasi hak akses masuk, sehingga hanya karyawan yang berkepentingan saja yang bisa memasuki ruangan tersebut. Berbagai hal penting di dalamnya seperti brangkas uang kas pun juga jadi lebih aman dari upaya pencurian. Untuk memilih mesin akses kontrol bisa disesuaikan dengan selera pembeli, atau juga disesuaikan dengan lokasi tembok atau media yang ingin dipasangkan. Tidak mau kan ketika tempatnya hanya sempit, salah beli dengan alat absensi yang menyita ruangan yang banyak. Terkesan tidak matching dengan alat absensi dengan tembok, tidak serasi. 


3. Memaksimalkan fitur-fitur mesin akses kontrol 


3 Cara Jitu Melindungi Keamanan Aset Perusahaan
Kelengkapan perangkat mesin kontrol pintu

Keamanan aset perusahaan tidak hanya harus dijaga dari jangkauan orang-orang yang tidak berkepentingan saja. Aset perusahaan juga harus dijaga keamanannya dari faktor kecelakaan yang tak terduga, seperti kebakaran dan lain sebagainya. Pada beberapa jenis mesin akses kontrol pintu biasanya bisa dilakukan penambahan sedikit modul, sehingga mesin dapat pula mendeteksi adanya ancaman bahaya seperti smoke detector, fire alarm dan masih banyak lagi. 

Itulah beberapa tips untuk meningkatkan keamanan aset perusahaan yang bisa dilakukan sebagai salah satu usaha pencegahan kemungkinan resiko kehilangan aset berharga pada sebuah perusahaan. Alat absensi sekaligus akses kontrol pintu dari Fingerspot dapat membantu meningkatkan keamanan aset perusahaan sehingga anda sebagai pemilik usaha atau karyawan dapat bekerja dengan lebih tenang. 


So, sudah siapkah perusahaan Anda kami bantu pasangkan mesin akses kontrol, Are You Ready?


Artikel kali pertama diterbitkan di Tingkatkan Keamanan
***
Hubungi:
081 325 380 326 [Dipa Fingerspot]


4 komentar untuk " 3 Cara Jitu Melindungi Keamanan Aset Perusahaan "