Alat Absensi Ceklok? Serius Masih Mau Pakai?

Kini penggunaan alat absensi check clock tergantikan oleh alat absensi biometrik yang sedang menjadi tren teknologi absensi masa kini. Dengan alat absensi biometrik, kedisiplinan di kantor maupun di sekolah dapat meningkat, lebih menghemat kertas (paperless), waktu juga tenaga.

Selain lebih canggih, tentunya sangat mempermudah tugas para admin dan HRD perusahaan dalam merekap serta mengolah data kehadiran menjadi laporan yang akurat dan lengkap. Kejadian manipulasi data kehadiran seperti titip absen pun bisa tertangani karena mesin absensi ini mengharuskan scan kehadiran dengan sidik jari atau wajah yang pastinya sulit diduplikasi oleh orang lain.

absensi ceklok vz absensi digital
Sumber: google

Yang sekarang sering digunakan oleh banyak perusahaan dan sekolah ada 2 jenis alat absensi biometrik yaitu, alat absensi sidik jari (fingerprint) atau alat absensi wajah (face detection).

absensi ceklok vz absensi digital
Sumber: fingerspot.com

Perbedaan mesin absensi sidik jari dan wajah

Kalau dari cara penggunaan sudah jelas berbeda karena mesin absensi sidik jari menggunakan verifikasi sidik jari dan alat absensi wajah menggunakan verifikasi wajah. Namun, adakalanya sidik jari susah terdeteksi terlebih saat sidik jari kotor, basah, berkeringat atau terlalu kering karena sensor sidik jari pada alat absensi sangat sensitif.

Untuk mengantisipasi hal ini, biasanya alat absensi sidik jari dilengkapi jenis verifikasi lain seperti kartu maupun password agar karyawan bisa tetap melakukan scan kehadiran. Salah satu contoh alat absensi sidik jari dari Fingerspot adalah Revo Duo-158BNC yang memiliki double sensor sidik jari untuk mengurangi jumlah antrian dan mempercepat proses saat akan scan kehadiran. Alat absensi ini cocok digunakan untuk jumlah orang yang banyak karena mampu menampung data sidik jari sebanyak 10.000 jari, 10.000 kartu, dan 160.000 data scan.

Alat absensi wajah memiliki teknologi yang lebih canggih dengan penggunaan yang simpel, mudah dan cepat. Contohnya alat absensi wajah Revo FF-162BNC. Dengan dibekali kamera inframerah, scan kehadiran menggunakan wajah di ruangan yang gelap pun bisa terdeteksi. Cara scan kehadiran dengan alat absensi jenis ini adalah berdiri di depan alat absensi wajah dalam jarak yang tepat agar bisa terdeteksi oleh kamera. Selain itu, alat absensi wajah ini dapat digunakan untuk mengontrol akses pintu dan dilengkapi dengan removable battery.

Setelah mengetahui perbedaan kedua jenis alat absensi biometrik di atas, Anda bisa mempertimbangkan alat absensi mana yang lebih cocok dan sesuai kebutuhan di perusahaan ataupun di sekolah. Selalu pilih alat absensi dari Fingerspot yang memiliki aplikasi personalia dan penggajian yaitu Fingerspot Personnel, layanan purna jual terpercaya dan layanan konsultasi GRATIS

Dapatkan produk terbaik Fingerspot lainnya di sini.

***

Posting Komentar untuk " Alat Absensi Ceklok? Serius Masih Mau Pakai? "