Kamis, 29 Maret 2018

Beli Server Sendiri, atau Cloud Sendiri?

Teknologi menjadi salah satu bagian dari sebuah trend kehidupan yang terus berubah dan berkembang seiring kondisi masyarakat. Pada trend teknologi saat ini kita mengenal Cloud. Namun tak banyak yang memahami betul tentang apa itu teknologi cloud sebenarnya. Cloud, atau yang dalam bahasa Indonesia berarti awan memiliki makna tersendiri terkait teknologi. Dalam trend teknologi saat ini, cloud digambarkan sebagai metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Cloud bisa dikatakan sebagai suatu metoda komputasi dimana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai sebuah layanan yang bisa diakses lewat internet.

Apa itu Cloud dan server itu?
Sumber: fingerspot.com
Teknologi cloud saat ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan dalam kehidupan, termasuk untuk menunjang operasional perusahaan. Masalah pun muncul ketika perusahaan yang selama ini telah terbiasa membeli server sendiri untuk berbagai kepentingan data perusahaan dan ingin mencoba menggunakan teknologi cloud. Sebelum memutuskan untuk beralih pada teknologi cloud sebaiknya pahami dulu manakah yang lebih baik digunakan untuk menyimpan aplikasi atau data perusahaan.

Jika membeli server sendiri, maka yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Perusahaan harus mencari suplier hardware yang dibutuhkan dengan harga yang mahal.
  2. Untuk menginstall dan memastikan software berjalan dengan baik maka perusahaan harus merekrut staff dan tentu harus mengeluarkan dana untuk menggajinya.
  3. Perusahaan harus menganggarkan dana jika sewaktu waktu server penuh dan harus membeli server baru.
  4. Perusahaan perlu menyediakan server backup dan recovery karena kegagalan hardware sangat mungkin bisa terjadi.

Jika memakai Cloud, maka yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Karena berbasis internet maka koneksi internet dengan bandwitdh stabil sangat direkomendasikan.
  2. Pada umumnya cukup dengan membayar biaya berlangganan sehingga pengeluaran bisa lebih terkontrol.
  3. Proses install sistem relatif jauh lebih cepat dan ready-to-use
  4. Layanan upgrade biasanya disediakan penyedia jasa cloud sebagai solusi jika kebutuhan memori bertambah

Jika dilihat dari beberapa pertimbangan tersebut, maka tentu penggunaan teknologi cloud jauh lebih praktis, efektif, efisien dan ekonomis untuk menunjang kebutuhan operasional perusahaan.

Saatnya perusahaan anda beralih ke teknologi cloud, seperti berbagai produk dan layanan absensi Fingerspot yang telah banyak mengadopsi teknologi cloud. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan perusahaan, mulai dari FingerspotCloud.net, KitaCloud.com, Fingerspot.net, dan Figo. Anda pun dapat menggunakan server sendiri tanpa berlangganan hanya dengan membeli lisensi saja 1x seperti pada KitaServer.

Sangat penting bagi kita untuk memahami dengan baik tentang teknologi cloud. Karena dengan pemahaman dan pengetahuan yang cukup, maka kita bisa memanfaatkan dan mengimplementasikannya dalam kehidupan secara maksimal.

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar