Kamis, 25 Januari 2018

5 Tips Ampuh Desain Kantor Untuk Meningkatkan Produktifitas Perusahaan

Anda pasti tidak asing dengan keunikan desain kantor perusahaan-perusahaan besar seperti Google, Facebook, Kaskus dan lainnya. Saat ini banyak sekali perusahaan yang mendesain ruang kerja seunik mungkin dan lain dari pada umumnya. Hal ini dilakukan bukan tanpa sebab. Karena ternyata berdasarkan hasil beberapa riset membuktikan bahwa desain kantor mampu mempengaruhi produktivitas kerja karyawan.

Bagi anda para pemilik usaha sepertinya harus mulai memperhatikan desain kantor sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan semangat kerja para karyawan. Tidak harus mendesain kantor seperti yang dilakukan perusahaan-perusahaan besar tersebut, karena tentunya akan membutuhkan banyak biaya. Tapi, cukup dengan memperhatikan hal-hal di sekitar ruang kerja yang bisa berpengaruh pada para karyawan, yaitu:

1. Warna

Alexas_Foto via Pixabay.com
Setiap orang memang memiliki pilihan tersendiri jika ditanya apa warna favoritnya. Akan tetapi, secara umum warna memiliki kecenderungan dampak psikologis yang sama, seperti warna terang yang bersifat merangsang, sedangkan warna lembut bersifat menenangkan. Karena itu, pilihlah warna yang tepat untuk ruang kerja yang disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai. Pilihan warna yang bisa mempengaruhi produktivitas kerja adalah:





- Biru: merangsang pikiran.
- Merah: meningkatkan semangat.
- Kuning: mendorong penciptaan ide dan kreativitas.
- Hijau: menciptakan suasana yang seimbang dan menenangkan.

2. Pencahayaan

 Jplenio via Pixabay
Terlalu lama terpapar sinar lampu ternyata bisa menurunkan daya tahan fisik dan kebugaran karyawan. Jika kondisi fisik karyawan kurang prima akan berimbas pada menurunnya produktivitas kerja. Seimbangkan cahaya dari lampu dengan cahaya alami. Pemasangan kaca bisa dipertimbangkan agar sinar alami bisa masuk ke ruang kerja. Paling bagus ada berkas cahaya matahari di pagi hari masuk ke ruangan kantor. Ada energi positif masuk ke ruangan, memberikan energi hangat dan bersemangat.


3. Alam

Nastya_gepp via Pixabay.com
Unsur alam bisa ditambahkan di bagian dalam kantor, seperti menambahkan ruang hijau di beberapa sudut ruang kerja, di bagian tengah lantai bawah kantor, atau membuat taman kecil di sekitar lingkungan kantor. Namun, jika tidak memungkinkan untuk melakukannya, maka menaruh pot kecil berisi tanaman di atas meja kerja bisa menjadi pilihan terbaik, mudah, dan murah. Tanaman dalam pot kecil yang diletakkan di atas meja kerja mampu menyaring udara, menghilangkan jamur dan bakteri, sehingga karyawan bisa lebih sehat dan merasa bahagia. 

4. Ergonomik

Lizanicolevindel via Pixabay.com 

Ergonomik disini diartikan sebagai keselarasan antara karyawan dengan berbagai peralatan pendukung kerja. Misalnya meja kursi sesuai dengan tubuh karyawan. Aturlah posisi & ketinggian kursi kerja sesuai tinggi tubuh, buat senyaman mungkin, karena antara satu orang dengan lain memiliki bentuk tubuh yang tidak sama persis sehingga masing-masing orang punya kecenderungan posisi yang berbeda untuk merasakan kenyamanan  bekerja.

5. Kebersihan dan kerapian

Jeanvdmuelen via Pixabay.com
Agar tidak mengganggu proses dan konsentrasi kerja, sebaiknya petugas membersihkan ruang kerja sebelum karyawan datang, atau sebelum jam kerja karyawan dimulai. Hal ini juga untuk menghindari kemungkinan karyawan yang memiliki alergi debu terganggu kesehatannya yang nantinya berdampak pada produktivitasnya dalam bekerja. Selain itu, rapikan juga meja kerja. Tumpukan file, kertas yang berserakan, dan berbagai macam barang yang ada di atas meja bisa membuat karyawan kesulitan saat membutuhkan benda tertentu.


Nah, itu tadi beberapa langkah mudah dan murah untuk mendesain kantor sebagai salah satu upaya meningkatkan produktivitas kerja karyawan. Selamat mencoba, semoga bermanfaat. Are You Ready?

***
Sumber artikel : www.fingerspot.com

Hubungi:
081 325 380 326 Dipa Fingerspot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar