4 Budaya yang Membuat Karyawan Bahagia

Menurut Anda perusahaan yang bagus seperti apa? Gaji tinggi, kesempatan berkarir yang menjanjikan, dan semua hak-hak karyawan terpenuhi? Jika perusahaan Anda memiliki 3 (tiga) hal ini, maka Anda harus bersyukur. Namun, ada satu hal yang tidak boleh diabaikan yaitu, budaya kerja perusahaan. Budaya kerja yang buruk bisa membuat Anda tidak bahagia dan berat menjalani pekerjaan.

Meski gaji yang diperoleh besar dan cukup untuk ditabung demi masa depan, lambat laun budaya kerja yang tidak baik dapat mempengaruhi kondisi pikiran dan tubuh Anda. Lalu, bagaimanakah budaya kerja perusahaan yang baik? Berikut kami ulas tanda budaya kerja yang baik di dalam perusahaan.

1. Tempat kerja yang menginspirasi

ruangan kerja yang bersahabat
Via anugerahdino.com

Ruang kerja yang terasa nyaman dan menyenangkan akan membuat karyawan lebih santai dan tidak kaku dalam mengerjakan tugas. Apalagi dengan adanya banyak hiasan dinding berupa lukisan, warna dinding yang cerah dan tulisan-tulisan inspiratif akan membangkitkan semangat kerja dan kreativitas tanpa batas. Secara otomatis hal ini membuat kinerja otak lebih optimal, ketika terjadi stress tingkat kecil akan segera ternetralkan dengan nuansa ruangan yang nyaman dan santai.


2. Kerja serius namun santai

Via www.freestockphotos.name
Sesekali bergurau dengan rekan kerja bukan berarti karyawan tersebut tidak serius bekerja. Justru dengan bergurau bisa melepas stres dan mengurangi suntuk saat mengerjakan tugas. Bisa saja dari obrolan ringan dengan rekan kerja Anda bisa mendapatkan ide mengagumkan. Lakukan komunikasi, bercanda, bertingkah lucu bersama-sama. Atau lakukan outbond bareng bersama rekan tim, pasti akan seru. Banyak perusahaan yang mengemukakan bahwa setelah outbond tim semakin solid dan kuat.



3. Terjalin komunikasi efektif dan jelas

komunikasi yang efektif dan berempati
Via https://www.livehappy.com
Contoh budaya kerja yang baik adalah terjalinnya komunikasi antar karyawan secara efektif dan jelas. Artinya risiko kesalahpahaman sangatlah kecil. Dengan berkomunikasi maka akan menjadi jelas apa yang diharapkan dari karyawan satu dan lainnya, proses kerja yang harus dilakukan, serta hal apa yang perlu diperbaiki dan ditambahkan. Selain itu, hubungan antar karyawan sangat baik dan jarang ada gosip yang menyebalkan juga termasuk contoh budaya kerja yang bagus. 


4. Adanya penghargaan

reward untuk karyawan
Via https://www.reference.com
Waktu yang dihabiskan karyawan seringkali lebih banyak daripada waktu bersama keluarganya. Bukannya mereka tak peduli dengan keluarga tercinta, namun demi meraih prestasi kerja dan agar bisa menghidupi keluarganya. Perusahaan yang bagus akan mengapresiasi karyawan yang telah bekerja dengan baik dan berhasil mencapai target. Berikan reward penghargaan kepada karyawan yang berprestasi, tidak terlambat, goal target, dan sikap serta loyalitas kepada perusahaan.


Perusahaan yang menerapkan budaya kerja seperti 4 (empat) poin di atas biasanya memiliki karyawan unggul dan memiliki integritas yang tinggi. Mereka bertahan karena perusahaan selalu memberikan apa yang mereka butuhkan, merasa dihargai dan didukung penuh demi menghasilkan kinerja yang optimal. Jadi, bagaimanakah budaya kerja di perusahaanmu?


***
Sumber: 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.