Tips Jitu Mempengaruhi Orang Lain

tips jitu mempengaruhi orang lain
Membangun Teamworks Via linkedin.com


Dalam dunia kerja pasti Anda akan bertemu dengan banyak orang dengan kepribadian yang berbeda. Tak jarang karena beda karakter dan sifat itulah sering terjadi konflik. Bersosialisasi pun menjadi terasa sulit dan tidak nyaman bekerja. Ingin pindah kerja karena tidak nyaman dengan lingkungan kerja? Tapi, nanti pasti akan memulai beradaptasi dari nol. Kalau di lingkungan kerja selanjutnya juga tidak membuat nyaman bekerja apakah Anda akan pindah tempat kerja lagi? Hal itu tidak ada manfaatnya bila kejadian tersebut terus berulang dan Anda masih belum bisa beradaptasi dengan baik. Ya, karena di mana pun Anda akan bekerja akan selalu ada orang yang beda karakternya dengan Anda. Anda tidak boleh lari dan harus bisa menghadapi mereka.

Memang kita tidak bisa menyenangkan semua orang, tapi ada baiknya bila Anda belajar beradaptasi dan mempengaruhi rekan kerja lain agar mereka menyukai Anda yang pastinya dalam sisi positif. Mau tahu caranya? Berikut ada beberapa tips jitu mempengaruhi orang lain, check this out! 

Berikan perhatian pada setiap pembicaraan

Siapa yang tidak suka diperhatikan saat bicara? Semua orang pasti suka karena mereka merasa dihargai dan didengarkan. Inilah tahap awal bersosialisasi, dekatilah rekan-rekan kerja lainnya, bicarakan hal-hal yang mereka dan kamu sukai, serta hargai pendapat mereka. Kadang Anda merasa tidak cocok dengan rekan kerja karena memang belum mengenalnya lebih dekat. Tapi setelah mengetahui karakternya, Anda pasti bisa bekerja sama dengannya. Pahami karakternya dan segera segera ajak untuk berkomunikasi.

Gemar tolong-menolong

Mulailah untuk saling tolong-menolong antar rekan kerja dalam hal kebaikan. Orang lain pasti juga ingin menolong bila kita meminta dengan cara yang baik. Apalagi mengingat sebelumnya Anda pernah menolong rekan kerja tersebut. Pasti rekan kerja Anda jadi merasa ingin membalas budi dengan membantu Anda. Selain itu, orang tersebut akan merasa dihargai, dapat dipercaya dan diandalkan. Karena sejatinya ketika kita menolong orang lain, itu adalah menolong diri kita sendiri. Mengapa? Karena suatu saat pasti kita akan mengharapkan banyak bantuan dari orang lain, entah itu kapan.

Budayakan toleransi dan kompromi

Berbeda pendapat itu sebenarnya hal biasa kalau bisa saling menghargai dan mau mencari solusi bersama. Berhati-hatilah saat ingin melontarkan komentar maupun kritikan agar rekan kerja tidak merasa tersinggung. Meski merasa tidak cocok dengan rekan kerja, bukan berarti Anda tidak dapat bekerja sama dengannya. Oleh karena itu, berkompromilah dengan rekan kerjamu agar terjalin kerja sama yang menyenangkan. 

***
Kesuksesan tidak hanya karena kerja keras dan skill yang mumpuni, melainkan juga kepandaian dalam bersosialisasi. Jadi, jika ingin sukses tingkatkanlah kemampuan sosial Anda! Tanamkan sikap menghormati, sabar dan empati.

Hubungi:
081 325 380 325 [Dipa Fingerspot]

Posting Komentar untuk " Tips Jitu Mempengaruhi Orang Lain "