5 Keunggulan Pekerja Mobile Working

Sering mendengar istilah mobile working atau remote working? Kedua istilah ini semakin populer sejak tahun 2009-2010 karena pada tahun tersebut mulai gencar penggunaan email yang dapat diakses melalui ponsel atau smartphone. Mobile working dapat diartikan sebagai metode kerja yang tidak terikat tempat dan waktu, hanya bergantung pada teknologi untuk menyelesaikan pekerjaan. Sudah banyak generasi muda, perusahaan startup dan perusahaan besar lainnya yang mulai menerapkan metode kerja modern ini untuk menunjang kenyamanan karyawannya. 

Seperti yang sudah sering kita tahu, tempat kerja dianggap bagian penting dalam sebuah perusahaan yang mewadahi para karyawan untuk bekerja secara produktif dan nyaman. Sayangnya, masih banyak perusahaan yang belum memperhatikan hal ini karena belum bisa memberikan fasilitas kerja yang memadai. Entah dari kondisi ruangan dan lingkungan kerja yang tidak nyaman, komputer dan internet yang sering mengalami masalah, dan berbagai hal lainnya. Tentu, karyawan akan merasa tidak betah dengan kondisi tersebut. Hingga akhirnya banyak yang lebih memilih mobile working, gaya kerja baru yang sangat efisien. 


Berikut 5 Keunggulan Pekerja Mobile Working adalah sebagai berikut di bawah ini.


1. Hemat Waktu dan Tenaga


Pada poin pertama inilah yang paling dirasakan orang yang melakukan mobile working. Bekerja dengan cerdas dan efisien begitulah kiranya. Anda bisa bekerja meskipun hanya berada di dalam kamar pribadi. Transaksi bisa lancar dan sukses. Tanpa harus repot bangun pagi sekali datang ke kantor. Belum kena hujan, macetnya di jalan, dan rutinitas yang menyita waktu berharga para pekerja. Yang sebelumnya harus bangun pagi agar tidak terlambat datang ke kantor, sekarang bisa santai dalam menghadapi hari. Tidak perlu lelah menyetir jauh atau menghadapi rintangan selama perjalanan karena pekerjaan bisa dilakukan di rumah maupun di co working space yang lebih nyaman. So, dengan bekerja mobile working Anda jauh lebih hemat waktu, save prime time!

2. Terhindar Macet


Masih berhubungan dengan poin pertama, mulai dari macet, polusi udara, kehebohan penyetir lain dalam berkendara, galian jalan, jalanan sempit atau rusak, dan halangan lainnya tidak akan sering dialami oleh mobile worker lagi. Mobile worker akan terhindar dari stres sehingga bisa bekerja lebih optimal. Coba perhatikan ketika berada di kota Jakarta misalnya. Para pekerja kantor umumnya berangkat kerja selepas waktu subuh, pagi sekali. Harapannya adalah untuk menghindari waktu macet, namun tetap saja macet karena volume kendaraan tak sebanding dengan akses jalan yang dilalui. Pulang kerja seharusnya jam 17.00 WIB.Namun siapa sangka pekerja itu harus sampai di rumah sekitar jam 22.00 WIB. Setiap hari seperti itu, kalau seperti itu tingkat stress pekerja akan tinggi, ini kurang bagus untuk kesehatan pekerja jangka panjangnya. So, think smart brother!

3. Privasi & Mood Terjaga


Adakalanya kita membutuhkan ruang yang tenang dan waktu sendiri untuk mengembalikan mood agar bisa lebih berkonsentrasi menyelesaikan pekerjaan. Di kantor, kita tidak bisa leluasa melakukan apa yang kita mau untuk me-refresh pikiran karena selalu diawasi oleh supervisor. Ruang kerja pun harus terbagi dengan rekan lain yang seringkali menimbulkan banyak distraksi dalam pekerjaan. Ketika pekerjaan menumpuk denngan segala permasalan yang harus segera terselesaikan. Pikiran penat dan letih, ingin rasanya sekedar istirahat merefresh otak, agar kembali prima. Kadang ingin tiduran namun tak enak karena di awasi dengan CCTV. Untuk mengembalikan mood kerja agar normal kembali itulah yang perlu dipikirkan. So. let's go to choice your decission!

4. Jam Kerja Fleksibel


Era jam kerja mayoritas pekerja perusahaan adalah pukul 09.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB pun mulai berubah. Mobile worker boleh bekerja kapan saja asalkan dapat memberikan hasil kerja terbaiknya sesuai deadline yang disepakati. Jadi, tidak terpaku harus bekerja 8 jam sehari. Kenyamanan kerja memang sangat penting karena dapat meningkatkan produktivitas kerja. Kerja nyaman, pekerjaan pun bisa beres dengan hasil memuaskan. Asal pekerjaan dan deadline bisa selesai tepat waktu, dan tidak mengganggu dengan pekerjaan Tim lainnya. Mau liburan silakan!

5. Punya Waktu Lebih untuk Keluarga


Karena jam kerja para mobile worker sangat fleksibel, sisa waktu yang ada dapat digunakan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga lebih banyak. Tidak perlu khawatir lagi akan pulang terlambat karena harus lembur di kantor dulu. Mobile worker dapat bersama keluarga seharian meskipun masih harus menatap pekerjaan di laptop. Waktu untuk bercengkerama dengan anggota keluarga jauh lebih banyak, ingin mengetahui perkembangan tumbuh kembang anak, ada permasalahan apa dengan istri dan anak-anak, SPP Pendidikan dan uang belanja normal atau ada kendala. Semua permasalahan segera akan tertangani, tidak menumpuk-numpuk. Coba bayangkan tubuh sudah letih ketika bekerja di tempat kerja, pulang sudah habis, disodori permasalahan hebat dalam keluarga. Bisa-bisa jadi bom waktu yang siap meledak kapan saja!

Perkembangan teknologi yang selalu berkembang dan semakin canggih, mobile working akan terus menjadi pilihan kerja yang bagus. Untuk perusahaan yang memiliki mobile worker dan ingin memantau kehadiran mereka secara praktis dapat memanfaatkan aplikasi absensi smartphone EZCloud dan layanan cloud Fingerspot.net.

***
Artikel kali pertama dipublikasikan di Manfaat Mobile Working

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.