Tips Menghindari Keterlambatan Pengiriman Barang

Kepuasan pelanggan merupakan salah satu hal penting dalam apapun bisnisnya. Dibalik kesuksesan sebuah bisnis, disana pula ada pelanggan yang memegang peran krusial. Karena itu kepuasan pelanggan harusnya di nomor satukan. Terkadang ada beberapa penyebab pelanggan merasa tidak puas atau kecewa akan pelayanan bisnis kita. Bisa kita ambil contoh yaitu keterlambatan dalam pengiriman barang.
Tips Menghindari Keterlambatan Pengiriman Barang

Keterlambatan yang dimaksud adalah sebuah kondisi dimana barang yang dipesan pelanggan tidak tiba pada waktu yang ditentukan. Kondisi ini tentunya dapat berdampak pada seluruh rantai pasok, mulai dari produksi, distribusi, logistik, hingga ke pelanggan (end user). Dampak yang disebabkan bisa jadi terganggunya operasional sehingga memunculkan pengeluaran biaya untuk mendukung percepatan pengiriman. Selain itu, bisnis tersebut berpotensi mengalami penurunan penjualan akibat ketidakpuasan pelanggan.

Dalam permasalahan seperti ini Anda harus memahami betul. Harus mengetahui penyebab dan penyelesaian terbaik untuk mencegah hal tersebut terjadi dikemudian hari.

Penyebab keterlambatan pengiriman

Umumnya, yang melatarbelakangi terjadinya keterlambatan pengiriman ada beberapa faktor. Berikut faktor penyebab yang dapat menjadi pemicu keterlambatan pengiriman :

1. Keterlambatan proses produksi

Pastinya dalam membuat sebuah produk atau barang harus melewati proses produksi. Biasanya dalam proses ini yang dapat mempengaruhi keterlambatan proses produksi adalah keterlambatan pengiriman bahan baku. Akibatnya proses produksi semakin mundur dari jadwal yang seharusnya, distributor telat mendapatkan barang, ritel pun tidak bisa memenuhi kebutuhan konsumen tepat waktu.

2. Lalu lintas dan cuaca

Jangan salah, alur lalu lintas bisa jadi salah satu faktor yang menyebabkan keterlambatan pengiriman. Bayangkan saja rute Anda melewati jalanan yang padat atau titik-titik lokasi kemacetan, pasti barang akan sampai di tangan pelanggan tidak tepat waktu yang dijanjikan. Belum lagi hal ini ditambah dengan cuaca yang tidak mendukung, sangat mungkin bila perusahaan akan melakukan penjadwalan ulang pengiriman barang.

3. Human error

Hal ini bisa saja menjadi penyebab keterlambatan pengiriman barang. Umumnya terjadi kesalahan penulisan alamat, data yang tercantum tidak lengkap, atau bisa jadi informasi penempatan penyimpanan barang tidak kurang jelas & tidak tertata rapi yang mengakibatkan perlu waktu untuk pencariannya.

4. Barang rusak atau hilang

Kerusakan atau kehilangan barang bisa saja terjadi selama proses pengiriman, penyebabnya sangat beragam. Bisa saja dikarenakan pengemasan yang kurang ideal, ketatnya keamanan, kelalaian dalam pengangkutan, atau kelalaian dalam berkendara. Kondisi ini membuat perusahaan harus mempersiapkan produk baru atau menjadwal ulang pengiriman.

Tips Mencegah Keterlambatan Pengiriman Barang Untuk Menghindari Pelanggan Kecewa


1. Bekerja sama dengan banyak pemasok (stakeholder)

Cara ini dapat mencegah keterlambatan proses produksi. Bagaimana tidak, jika satu pemasok kesulitan dalam mengirimkan bahan baku, Anda dapat mengambil ke pemasok lainnya. Dengan begitu rantai pasok tetap berjalan lancar sesuai jadwal.

2. Komunikasi dengan pelanggan

Terbuka dengan pelanggan merupakan salah satu langkah penting yang mesti dilakukan. Dengan cara apa? Bisa dengan menjalin komunikasi yang baik. Berikan informasi saat Anda mengalami kendala dalam pengiriman. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan update secara rutin setiap prosesnya pengiriman kepada pelanggan.

3. Memanfaatkan Teknologi

Perkembangan teknologi saat ini memberikan berbagai kemudahan untuk perusahaan, salah satunya dalam membantu proses pengiriman barang. Anda dapat menggunakan teknologi atau suatu sistem yang dapat mendukung manajemen pengiriman sehingga dapat mengatur optimalisasi rute pengiriman.

Salah satu sistem yang bisa Anda pilih untuk membantu proses manajemen pengiriman Anda adalah absensi online fingerspot.io. fingerspot.io adalah layanan absensi online karyawan yang memiliki beragam fitur yang membantu efisiensikan manajemen personalia perusahaan. Mempermudah dalam mengatur jadwal kerja yang fleksibel, mengunduh data absensi karyawan dari mana saja, monitoring kehadiran karyawan harian via ponsel, dan lain sebagainya.

Terus apa hubungannya dengan pengiriman?

fingerspot.io memiliki fitur Geofence dan GPS Tracking yang dapat membantu divisi logistik dalam memonitoring pengiriman barang kepada pelanggan. Fitur Geofence sistemnya adalah menandai sebuah area secara virtual dengan GPS untuk membatasi wilayah. Fitur ini memudahkan Anda mengotomatiskan pencatatan waktu masuk hingga keluar aktivitas pengiriman supir. Sedangkan fitur GPS Tracking adalah sebuat fitur yang memberikan kemudahan bagi Anda dalam memonitoring lokasi supir yang ditugaskan untuk mengirim barang ke alamat pelanggan.

***
Sumber: Hindari Pelanggan KecewaHindari Pelanggan Kecewa




Posting Komentar untuk " Tips Menghindari Keterlambatan Pengiriman Barang "