Tips Mengelola Banyak Usaha atau Cabang

Memiliki usaha dengan banyak cabang memang tidaklah mudah untuk mengelolanya. Terdapat tantangan tersendiri yang akan dihadapi para pemilik usaha. Ada kalanya pemilik usaha akan mengunjungi dan memeriksa bisnisnya, namun bagaimana jika kegiatan tersebut dilakukan setiap hari? Duh, pasti bakalan capek tuh. Sangatlah tidak efektif bagi anda mengunjungi semua outlet setiap hari apalagi jika outlet berlokasi di daerah, kota atau provinsi berbeda. Karena itu, perlunya para pebisnis menerapkan tips berikut untuk mengelola usaha dengan banyak cabang.

Tips Mengelola Banyak Usaha atau Cabang
Sumber: Fingerspot.com


Selain dapat memudahkan pengelolaan usaha secara efisien, anda juga bisa meningkatkan kepuasan pelanggan di setiap lokasi bisnis. Apa saja tips yang Fingerspot berikan? Yuk simak artikel ini.

1. Bangun tim dengan kompetensi yang kuat

Kawan, yang pertama kali harus dipersiapkan adalah membangun kompetensi tim yang kuat. Dalam mengelola bisnis yang memiliki banyak cabang, berbeda jauh dengan mengelola satu outlet saja. Saat memiliki satu outlet, karyawan yang kurang kompeten masih bisa dipertahankan. Beda cerita jika bisnis memiliki banyak cabang, diperlukan tim dengan kemampuan yang baik dan terampil.

Mengapa perlunya membangun kompetensi? Karena hal ini berpengaruh terhadap pelayanan pelanggan. Tim yang memiliki keterampilan yang kurang baik dapat menurunkan kualitas pelayanan, yang bahkan membuat pelanggan merasa tidak nyaman. Karena itu, pemilihan tenaga kerja menjadi salah satu strategi membuka cabang usaha yang efisien.

2. Memberikan training kepada karyawan

Umumnya pelatihan kerja karyawan memiliki 3 tujuan, yaitu : sebagai ilmu pengetahuan, mengasah kemampuan, dan penentuan sikap karyawan. Dari beberapa tujuan tersebut yang pasti adalah untuk mendukung kelancaran operasional & produktivitas usaha. Training sendiri bisa dilakukan pemilik usaha sendiri, atau bisa juga pihak eksternal dengan mengundang trainer.

Adanya training ini dapat memberikan berbagai manfaat juga bagi pemilik usaha, diantaranya : memiliki tenaga kerja yang ahli dan terampil, mengurangi biaya karena waktu yang terbuang akibat kesalahan-kesalahan, meningkatkan penjualan dan profit, hingga meningkatkan mutu hasil kerja.

3. Selalu mengontrol bisnis

Salah satu cara yang tidak boleh dilupakan yaitu membangun kontrol operasional. Anda sebagai pemilik usaha juga tetap perlu menerapkan sistem kontrol bisnis yang sistematis. Masalah utama saat mengelola banyak outlet adalah sulit bekerja sama dengan karyawan yang berada di lokasi berbeda, contohnya dalam hal absensi kehadiran karyawan. Karena itu anda membutuhkan teknologi untuk memudahkan anda monitoring absensi kehadiran karyawan.

Dengan menerapkan teknologi yang tepat, Anda dapat menjalankan bisnis dengan sukses. Hal ini bisa diwujudkan dengan menggunakan absensi online fingerspot.io dengan fitur Daily Monitoring. Dengan fitur ini anda sebagai pemilik usaha tidak perlu mendatangi outlet satu per satu untuk melakukan rekapitulasi kehadiran. Fitur ini memiliki 3 tipe pemantauan kehadiran karyawan secara harian, antara lain: menampilkan daftar karyawan yang tidak hadir, karyawan yang datang terlambat, dan karyawan yang telah mengajukan izin.

Fitur Daily Monitoring ini akan memudahkan anda mengetahui kehadiran karyawan lebih praktis via ponsel melalui app fingerspot.io.

Nah itu tadi kawan 3 tips untuk mengelola usaha yang memiliki banyak cabang. Sudah siap membuka outlet baru? 

***
Sumber : fingerspot.com

Posting Komentar untuk " Tips Mengelola Banyak Usaha atau Cabang "