Cara Instan Kembali Produktif, Setelah Lebaran

Nggak kerasa, kita telah melewati hari raya Idul Fitri akan. Kini kita bisa merasakan libur lebaran yang panjang setelah sekian lama sudah bekerja keras bagai kuda. Liburan adalah salah satu hal yang pastinya ditunggu-tunggu oleh semua orang. Tapi sayangnya, selama apapun waktu liburannya, hari untuk kembali bekerja pasti akan datang juga. Kembali ke kantor dengan banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan setelah libur panjang sebenarnya banyak lika-likunya. Ada sebagian orang yang merasa senang setelah refreshing saat liburan, tapi tidak sedikit juga yang merasa stres karena rasa santai saat liburan kemarin masih terbawa. Jangan sampai kamu salah satunya ya! Berikut ada beberapa tips sederhana supaya kamu bisa semangat bekerja kembali setelah libur panjang :

Cara Instan Kembali Produktif, Setelah Lebaran

1. Buat Jadwal ‘To Do List’

Hari pertama kembali bekerja pasti bingung ya apa yang mau dikerjakan? Ada yang pernah mengalami juga? Jangan sampai deh hari pertama malah jadi hari yang menakutkan buat kamu. Untuk mengatasinya, nggak ada salahnya kok membuat To Do List jadwal pekerjaanmu di hari pertama kembali bekerja. Supaya kamu bisa mengingat apa saja yang perlu dikerjakan dan diselesaikan. Saat membuat To Do List, kamu juga bisa mengurutkan berdasarkan prioritas atau kepentingannya. Dengan begitu, kamu bisa lebih memaksimalkan waktu yang ada, menghindari kebingungan dan kamu pun bisa kembali terbiasa dengan rutinitas harian yang harus dikerjakan sehingga produktivitasmu kembali normal.

2. Jangan Begadang

Hal yang paling sering dialami oleh hampir semua orang adalah tidur malam yang berantakan saat liburan. Karena sebelumnya saat libur tidak ada kewajiban untuk bangun pagi, jadi kamu bebas tidur kapan saja. Malam hari juga lebih sering dihabiskan untuk mengobrol, menonton, atau masih mengunjungi keluarga dan sanak saudara. Menjelang hari masuk kerja, hal-hal seperti ini harus mulai ditinggalkan ya. Ketika kamu harus kembali produktif, pastikan kamu tidak begadang agar keesokan harinya kamu tidak bangun dengan tubuh yang lelah dan bisa kembali bekerja seperti biasa.

3.Berbagi Cerita dengan Rekan Kerja

Salah satu kunci yang terlihat sepele untuk kembali produktif adalah berbagi cerita dengan rekan kerja. Jangan malah menyendiri di hari pertamamu, karena itu akan membuat kamu malas dan cenderung memikirkan masa-masa libur lebaran kemarin. Kamu bisa bagikan cerita pengalaman libur lebaranmu bersama keluarga dan begitupun sebaliknya. Hal ini dijamin bisa mengembalikan fokus dan semangat kerjamu, karena kamu akan memandang pekerjaanmu dengan lebih positif dan bisa kembali produktif.

4. Rapikan Meja Kerja

Merapikan meja juga bisa jadi cara yang ampuh untuk kembali produktif setelah libur lebaran. Kebersihan lingkungan kerja sangat berpengaruh lho pada semangat dan fokus kerjamu. Kalau dipikir-pikir, misalnya meja kerjamu berantakan, apa nggak makin malas kerja tuh jadinya? Setelah berhari-hari tidak ditempati, pastikan kamu mulai merapikan meja kerja dengan membuang barang yang tidak terpakai, menata berkas, bahkan lebih bagus lagi kalau kamu mau memberikan dekorasi baru agar suasana kerjamu jadi lebih menyenangkan.

5. Luangkan Sedikit Waktu Istirahat di Tengah Kesibukanmu

Tips berikutnya adalah dengan meluangkan sedikit waktu istirahat di tengah kesibukanmu. Fokus mengerjakan banyak pekerjaan dalam waktu yang lama akan cenderung membuat kamu cepat lelah dan jenuh, terutama setelah libur lebaran yang panjang. Jangan memaksakan diri untuk langsung bekerja tanpa henti dan pikiranmu akan kembali lagi terbayang-bayang masa libur lebaran kemarin. Kamu bisa siasati dengan cara meluangkan waktu istirahat sekitar 5-10 menit setiap tiga jam sekali agar kamu rileks kembali. Kamu bisa memanfaatkan waktu istirahat itu untuk peregangan tubuh atau bisa juga untuk berjalan-jalan di sekitar kantor.

6. Pakai Pakaian Kerja yang Bisa Menaikkan Mood

Tips lainnya yang terlihat sepele untuk mengembalikan produktivitasmu adalah dengan pemilihan pakaian yang digunakan di hari pertama kembali bekerja. Kamu bisa pilih pakaian kerja yang paling nyaman atau yang paling disukai, nggak harus baru kok. Bekerja dengan pakaian yang disukai bisa membuat mood naik dan menghindari burnout di hari pertamamu kembali bekerja.

7. Datang tepat waktu

Tips yang terakhir nih, datanglah tepat waktu di hari pertamamu kembali bekerja. Dengan datang tepat waktu, kamu akan jadi lebih siap dan tidak terburu-buru atau tampak lelah karena ngebut efek berangkat kerja yang mepet. Pastikan kamu datang tepat waktu sesuai jadwal yang sudah ditentukan dan jangan lupa melakukan scan masuk kerja menggunakan mesin absensi yang bentuknya kecil, namun sudah ada Wifinya, seperti Fingerspot Revo W231N. Have a nice day :)

***

Posting Komentar untuk " Cara Instan Kembali Produktif, Setelah Lebaran "