Apakah penting menyediakan berbagai metode pembayaran untuk pelanggan?

Bertransaksi menggunakan uang merupakan aktivitas yang pastinya sudah biasa dilakukan oleh setiap orang. Transaksi jual beli merupakan salah satu kebutuhan dasar untuk pemenuhan hidup setiap orang. Dalam praktiknya, ada beragam alat dan sistem atau metode pembayaran yang dikenal dalam transaksi jual beli. Perkembangan teknologi dari masa ke masa membuat alat dan sistem pembayaran mengalami perubahan.

Apakah penting menyediakan berbagai metode pembayaran untuk pelanggan?

Sekilas Sejarah Evolusi Alat dan Metode Pembayaran

Dari sisi alat dan sistem atau metode pembayaran yang digunakan dalam transaksi, sebelum masyarakat mengenal uang, untuk bertransaksi lazim menggunakan sistem barter, yakni menukar suatu barang dengan barang lain sesuai kebutuhan. Lalu disusul dengan dimanfaatkannya uang komoditas dalam bentuk garam, teh, tembakau, biji-bijian dan hewan ternak yang digunakan sebagai uang komoditas sekitar pada tahun 900 hingga 6000 Sebelum Masehi (SM). 

Kemudian masyarakat mulai mengenal alat pembayaran yang masih primitif berupa cangkang kerang atau cangkang hewan lainnya, serta potongan kulit rusa putih yang diberi lambang atau tanda tertentu. Setelah itu, mulai pada tahun 1661 hingga saat ini digunakanlah uang kertas dan uang logam sebagai alat pembayaran tunai. Namun, kini masyarakat modern tak hanya mengenal pembayaran tunai saja. Kamu juga pasti sudah terbiasa kan dengan pembayaran non tunai baik saat belanja di gerai fisik maupun di toko online?

Pembayaran Tunai dan Non Tunai Masa Kini

Untuk pembayaran non tunai, alat pembayaran yang digunakan biasanya berupa kartu kredit, kartu debit atau ATM, uang elektronik atau e-wallet seperti OVO, GoPay, Shopee Pay, Dana, LinkAja hingga QRIS.

Sebagai informasi, bahwa sistem pembayaran dengan menggunakan QR Code atau QRIS kini tengah digadang sebagai sistem pembayaran yang mampu membuat transaksi berjalan lebih cepat, efisien dan higienis karena cashless lho. Cara bertransaksi dengan QRIS ini pun sangat mudah, customer cukup melakukan pemindaian atau scan kode QR yang diberikan oleh kasir menggunakan smartphone milik customer yang terkoneksi dengan internet. Sedangkan untuk sumber dananya bisa dari kartu kredit, kartu debit atau ATM, maupun e-wallet atau uang elektronik dengan media penyimpanan server based.

Sistem pembayaran tunai dengan uang logam dan kertas serta non tunai menggunakan kartu, mobile banking atau kode QR atau QRIS merupakan alat sekaligus metode pembayaran yang lazim digunakan saat ini.

Metode Pembayaran Apa yang Paling Baik Saat ini?

Nah, sebagai customer pasti kita bisa merasakan dan memilih metode pembayaran apa yang paling kita sukai. Tapi, bagaimana kalau posisi kamu saat ini adalah sebagai pemilik sebuah usaha makanan, fashion, salon, klinik atau berbagai usaha yang menjual aneka produk dan jasa lainnya, sistem atau metode pembayaran apa sih yang sudah kamu sediakan untuk pelanggan?

Yakin metode pembayaran itu dapat memberikan feedback positif yang optimal untuk keberlangsungan usahamu? Jangan anggap remeh, karena metode pembayaran yang kamu sediakan untuk pelanggan bisa membawa dampak langsung maupun tidak langsung bagi usahamu loh.

Lalu, dari sekian banyak metode pembayaran yang ada saat ini, manakah yang paling baik untuk pelanggan?

Tidak dapat dikatakan secara pasti mana metode pembayaran yang paling baik untuk pelanggan. Karena setiap metode pembayaran yang ada saat ini memiliki keunggulan masing-masing, sehingga langkah paling bijak yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyediakan berbagai metode pembayaran untuk pelanggan.

Manfaat menyediakan Berbagai Metode Pembayaran untuk Pelanggan

Menyediakan berbagai metode pembayaran untuk pelanggan sangatlah penting mengingat masing-masing metode pembayaran memiliki karakteristik dan keunggulan yang bisa dirasakan dan dipilih mana yang lebih aman dan nyaman oleh setiap pelanggan. Dimana antara satu dengan pelanggan lainnya bisa memiliki kecenderungan pemilihan metode pembayaran yang berbeda-beda tergantung pada apa yang dirasakan dan kebutuhannya.

Namun, pada dasarnya penyediaan berbagai metode pembayaran untuk pelanggan ini bisa memberikan beragam manfaat untuk usahamu, antara lain:

1. Efisiensi Transaksi Penjualan

Kelancaran transaksi penjualan bergantung pada efisiensi dan kecepatan prosesnya. Semakin cepat dan minim kesalahan maka transaksi penjualan akan semakin lancar. Hal ini akan dapat meningkatkan kredibilitas tempat usahamu di mata pelanggan. Untuk itu, dukung efisiensi dan kecepatan transaksi jualanmu dengan menyediakan beragam metode pembayaran yang lengkap dan bisa langsung dipilih oleh pelanggan. Dukung pula kelancaran transaksi penjualan dengan menggunakan Barcode Scanner seperti Barcode Scanner Wireless Logic LS-34W atau Barcode Scanner Logic QR-80W. Untuk membantu kasir lebih cepat dalam memberikan informasi nominal akan produk apa saja yang dibeli oleh pelanggan.

2. Kemudahan Olah Laporan Penjualan

Semakin banyak metode pembayaran yang disediakan untuk pelanggan maka akan semakin memperumit pengolahan laporan penjualan? Tentu tidak, nyatanya dengan memberikan banyak metode pembayaran yang bisa langsung dipilih oleh pelanggan bisa tetap mudah dalam membuat laporan penjualan karena setiap pemasukan bisa dikelompokkan berdasarkan metode pembayaran yang digunakan. Apalagi didukung dengan penggunaan Barcode Scanner yang mempermudah pendataan secara otomatis akan produk apa saja yang telah terjual beserta berbagai informasi yang disertakannya sesuai kebutuhan seperti harga dan jumlah produk.

3. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Setiap pelanggan memiliki kecenderungan untuk memilih metode pembayaran yang menurutnya lebih nyaman, aman, mudah dan sesuai dengan kebutuhannya. Terlebih di dunia digital yang semakin berkembang pesat seperti saat ini, makin banyak pelanggan yang lebih memilih untuk menggunakan metode pembayaran elektronik yang lebih cashless, praktis, higienis dan modern. Namun di sisi lain, masih ada juga beberapa kalangan pelanggan terutama yang belum terbiasa dengan kemajuan teknologi yang lebih memilih metode pembayaran konvensional yakni dengan cash baik saat berbelanja di outlet fisik maupun belanja online. Jika tempat usahamu mampu memberikan atau menyediakan setiap metode pembayaran yang sesuai dengan keinginan pelanggan, maka tingkat kepuasan pelanggan akan meningkat.

4. Memajukan Usaha

Dengan menyediakan berbagai metode pembayaran untuk pelanggan, maka efisiensi transaksi penjualan, kemudahan oleh laporan penjualan hingga peningkatan kepuasan pelanggan akan semakin mudah tercapai. Ditambah dengan kemampuan usahamu dalam menjangkau seluruh pelanggan dengan karakter yang berbeda-beda lewat pelayanan fleksibilitas metode pembayaran akan turut berdampak pada kelancaran usaha. Kelancaran usaha tentu akan membantumu untuk lebih cepat dan mudah dalam mempertahankan dan memajukan usaha.

Menyediakan berbagai metode pembayaran untuk pelanggan sesuai perkembangan zaman dan kebutuhan pelanggan bisa membuat usahamu memiliki daya saing yang kuat, memperlancar operasional usaha serta lebih dekat dengan kesempatan dalam memajukan usaha. Jadi, jangan ragu untuk terus berkembang, berevolusi, beradaptasi dengan perubahan, serta mengimplementasikan berbagai metode pembayaran untuk transaksi jualanmu ya.. semoga sukses!

***
Artikel kali pertama dipublikasikan pada Apakah Penting Menyediakan

Posting Komentar untuk " Apakah penting menyediakan berbagai metode pembayaran untuk pelanggan? "