8 Keunggulan Jika Perusahaan Memakai Mesin Absensi Fingerprint

Mesin absensi fingerprint atau sidik jari merupakan hasil dari perkembangan sistem absensi dengan penerapan teknologi biometrika menggunakan sidik jari yang hingga kini lazim digunakan oleh berbagai perusahaan. Penggunaan mesin absensi fingerprint atau absensi sidik jari ini menjadi sistem absensi yang banyak digunakan karena memiliki banyak keunggulan.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan dunia usaha yang dinamis, maka hadirlah sistem absensi yang lebih modern, yakni menggunakan aplikasi absensi online. Aplikasi absensi online dengan memanfaatkan media PC dan ponsel ini juga makin naik popularitasnya dan kian banyak digunakan oleh berbagai perusahaan.

Adanya sistem absensi yang sama-sama menjadi andalan dunia kerja saat ini tak urung menimbulkan kebingungan bagi sebagian manajemen perusahaan terkait mana yang lebih baik untuk digunakan di perusahaannya.

8 Keunggulan Jika Perusahaan Memakai Mesin Absensi Fingerprint
Sumber: Gaji.id

Jangan khawatir, segala kebingungan ini terjawab di artikel kita kali ini yang akan mengulas tuntas segala batasan beserta keunggulan dari masing-masing sistem absensi tersebut, sehingga bisa lebih mantap menentukan mau pakai mesin absensi fingerprint atau aplikasi absensi online.

Keunggulan Menggunakan Mesin Absensi Fingerprint atau Sidik Jari

Tidak dapat dipungkiri bahwa hadirnya mesin absensi fingerprint atau sidik jari menjadi sebuah gebrakan dalam dunia usaha karena mampu memberikan solusi pencatatan dan pengolahan data kehadiran karyawan dengan lebih mudah, akurat dan efisien.

1. Mudah digunakan

Dalam menggunakannya tidak perlu diawali dengan edukasi khusus pada karyawan, karena karyawan cukup melakukan scan atau pemindaian fingerprint dengan cara menempelkan sidik jarinya (sidik jari sesuai yang telah didaftarkan di mesin absensi) pada permukaan sensor yang ada pada mesin absensi.

2. Hemat dan ramah lingkungan

Mencetak kartu kehadiran yang membutuhkan dan menghabiskan banyak kertas tidaklah dibutuhkan. Cukup lakukan registrasi data karyawan beserta sidik jarinya pada mesin absensi, sehingga lebih hemat tanpa turut berkontribusi mengotori lingkungan dengan sampah kertas.

3. Harga mesin ekonomis

Harga mesin absensi fingeprint atau sidik jari cukup bervariasi, tergantung pada banyaknya fitur dan kelengkapan lain yang mendukungnya. Akan tetapi, pada umumnya mesin absensi fingeprint atau sidik jari dibanderol dengan harga yang ekonomis, sehingga cocok untuk bisnis di berbagai skala, serta terjangkau bagi bisnis rintisan sekalipun.

4. Meminimalisir indisipliner karyawan

Sistem identifikasi biometrik dengan fingerprint atau sidik jari yang memiliki keunikan tersendiri membuat data kehadiran karyawan jadi lebih akurat. Bahkan salah satu tindakan indisipliner karyawan yang paling populer yaitu titip absen tidak lagi memungkinkan untuk dilakukan.

5. Lebih mudah olah data laporan

Data kehadiran karyawan yang tersimpan pada mesin absensi fingerprint atau sidik jari selanjutnya dapat diolah dengan aplikasi penggajian atau aplikasi HR sehingga dapat mempermudah HRD dalam mengolah data laporan yang lebih akurat dan detail.

6. Keamanan lebih terjamin

Mesin absensi fingerprint atau sidik jari mempunyai tingkat keamanan yang tinggi dan lebih terjamin karena memungkinkan untuk dilakukan pengaturan hak akses menu pada mesin sehingga hanya admin yang bertanggung jawablah yang dapat mengakses menu di dalam mesin absensi. Bahkan, Jika menarik data absensi dengan memakai flashdisk maka akan terenkripsi secara otomatis menjadi kode-kode rumit yang dapat dibuka hanya jika memakai aplikasi HR, dengan demikian dapat membantu mencegah terjadinya tindakan pemalsuan data absensi karyawan.

7. Akurasi data absensi lebih tinggi

Mesin absensi dengan sistem identifikasi biometrik fingerprint atau sidik jari mampu menghasilkan data kehadiran karyawan yang lebih akurat, karena tidak ada seorang pun yang mempunyai pola sidik jari yang 100% sama persis. Sehingga, scan kehadiran kerja hanya dapat dilakukan oleh karyawan yang bersangkutan.

8. Contactless

Mesin absensi fingerprint generasi terbaru kini telah dilengkapi dengan tambahan sistem identifikasi face recognition atau mesin absensi wajah dan Vein Scanning atau mesin absensi telapak tangan. Dengan begitu, karyawan tidak perlu menyentuh mesin absensi untuk melakukan absensi sehingga lebih higienis. Sehingga ketika keadaan masih bergelut dengan pandemi covid, maka mesin fingerprint tipe wajah dan telapak tangan ini menjadi solusi untuk mengurangi penyebaran covid 19.

***
Artikel ini kali pertama dipublikasikan pada Mesin Absensi

Posting Komentar untuk " 8 Keunggulan Jika Perusahaan Memakai Mesin Absensi Fingerprint "