Cara Mudah Download Data Presensi Pakai Wifi

Menghubungkan mesin absensi sidik jari ke komputer atau laptop adalah sebuah keharusan agar data kehadiran selanjutnya bisa dicetak, atau diolah lebih lanjut menggunakan software penggajian. Cara menghubungkan mesin absensi sidik jari atau fingerprint ini pun beragam, ada yang menggunakan kabel USB, Flashdisk, jaringan LAN, dan WiFi.

Cara mudah Download Data Presensi Pakai Wifi

Lalu, sistem penarikan data mesin absensi mana yang termudah?

Untuk dapat mengetahui sistem penarikan data mesin absensi yang termudah, maka terlebih dahulu harus memahami karakter masing-masing dari sistem tersebut, seperti pembahasan kita berikut ini.

Tarik Data Absensi Pakai Kabel USB

Penarikan data absensi dengan menggunakan kabel USB bisa dilakukan dengan cara menghubungkan mesin absensi sidik jari ke komputer langsung melalui kabel USB. Pada umumnya, mesin absensi dengan sistem tarik data menggunakan kabel USB ini memiliki harga yang murah, berukuran kecil, praktis dan ringan. Namun, dalam penggunaannya harus selalu dihubungkan langsung dengan komputer sehingga jarak antara mesin absensi dengan komputer harus berdekatan, hal ini dikarenakan data absensi tidak tersimpan dalam mesin absensi sidik jari, melainkan tersimpan langsung ke dalam hardisk komputer.

Tarik Data Absensi Pakai USB Flashdisk

Tidak mau ribet dengan kabel data yang menjuntai dan mesin absensi yang harus berdekatan dengan komputer, maka bisa memilih sistem tarik data dengan menggunakan USB Flashdisk. Caranya cukup dengan menancapkan USB Flashdisk ke mesin absensi, ambil data dalam mesin absensi, lalu lepaskan USB Flashdisk dari mesin absensi untuk kemudian ditancapkan pada komputer, lalu impor data ke aplikasi yang ada di komputer. Dengan cara ini memang tidak memerlukan kabel yang menjuntai seperti kabel USB dan mesin absensi tak perlu berdekatan dengan mesin absensi. Tapi jika ada banyak mesin absensi, maka butuh tenaga lebih untuk aktivitas penarikan data pada setiap mesin absensi yang ada. Untuk harga, mesin absensi dengan koneksi USB Flashdisk tanpa koneksi kabel USB biasanya juga jauh lebih murah. Akan tetapi, dengan cara ini maka data kehadiran baru bisa diketahui setalah melakukan impor data dari USB Flashdisk ke komputer, sehingga mengurangi keakuratan data absensi karena tidak real time.

Tarik Data Absensi Pakai Jaringan LAN

Pada dasarnya ini adalah sistem tarik data absensi dari mesin absensi ke komputer menggunakan internet yang jauh lebih praktis karena tinggal pasang tanpa perlu setting apa-apa lagi. Meskipun demikian, pertimbangan adanya penggunaan kabel LAN dari mesin absensi sidik jari ke switch internet masih cukup merepotkan.

Tarik Data Absensi Pakai Wifi

Sistem termudah untuk tarik data dari mesin absensi sidik jari ke komputer atau laptop saat ini adalah dengan menggunakan WiFi. Tarik data dari mesin absensi ke komputer atau laptop pakai WiFi dapat dikatakan sebagai sistem yang termudah saat ini karena tidak perlu pasang dan setting kabel jaringan, tidak perlu tarik satu persatu ke mesin absensi, jauh lebih praktis dan mudah. Tidak perlu cara khusus untuk menarik data dari mesin absensi sidik jari ke komputer, cukup pasang mesin absensi dan nyalakan WiFi. Ya.. semudah itu. Bahkan, bisa dikatakan tidak perlu tarik data, karena pada mesin absensi WiFi sudah dibekali dengan teknologi push, yaitu mesin akan mengirim data secara otomatis tanpa harus ditarik. Dengan demikian, bisa mendapatkan data absensi lebih mudah, cepat dan akurat dalam bentuk laporan yang kemudian bisa dikembangkan, atau bisa langsung dicetak.

Kemudahan tarik data absensi dari mesin ke komputer menggunakan WiFi ini sangat cocok untuk segala jenis dan skala usaha, mulai dari perkantoran, pabrik, toko, restoran, salon, bengkel dan sebagainya. Tinggal pilih saja mesin absensi WiFi yang paling sesuai dengan kebutuhan usaha Anda, seperti Fingerspot Neo W-201BNC, Revo W-202BNC, Revo WD-203BNC, Revo WDV-204BNC, Revo WF-205BNC, Revo WF-206BNC, Revo WFA-207NC, Revo WFV-208BNC.

***
Artikel kali pertama dipublikasikan pada Cara Tarik Data Absensi

Posting Komentar untuk " Cara Mudah Download Data Presensi Pakai Wifi "