Menu Melayang

Jumat, 25 Juni 2021

Pemerintah Mengeluarkan Kebijakan PPKM Hingga 28 Juni 2021

Pemerintah Mengeluarkan Kebijakan PPKM Hingga 28 Juni 2021
Kebijakan Pemerintah tentang PPKM

Lonjakan kasus penyebaran virus corona yang terjadi di berbagai daerah seperti di Kudus, Bangkalan, Jakarta dan beberapa daerah lainnya dalam beberapa waktu belakangan ini membutuhkan penanganan yang cepat dan tepat. Untuk mengendalikan lonjakan kasus yang cukup mengkhawatirkan ini pemerintah melakukan pendekatan 3K, yakni komunikasi, koordinasi dan kolaborasi dengan Satgas Covid-19, berbagai aparat dan juga masyarakat. Hasilnya, ditetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro selama 2 pekan atau hingga 28 Juni 2021.

Perpanjangan PPKM Mikro ini diresmikan melalui instruksi Mendagri No 13/2021. Dalam putusan tersebut pemerintah menganjurkan 75% karyawan dari perkantoran yang berada di zona merah melakukan Work from Home (WFH). Sedangkan 25%-nya masih bisa tetap bekerja di kantor atau Work from Office (WFO). Sedangkan bagi yang berada di zona oranye dan kuning WFO dan WFH dibagi rata yakni masing-masing sebanyak 50%. Para pengusaha wajib memperhatikan bahwasannya dalam instruksi mendagri, pembagian karyawan yang WFH dan WFO ini tidak boleh dilakukan pada karyawan yang sama secara terus menerus, melainkan harus dilakukan secara bergiliran atau diputar. Tak perlu resah dengan kerumitan pembagian jadwal kerja ini, karena di Fingerspot.iO terdapat fitur Pengaturan Jam dan Jadwal Kerja yang dapat membantu manajemen perusahaan dalam mengatur jam dan jadwal kerja seluruh karyawan. Setiap perubahan jam dan jadwal kerja ini akan ternotifikasi secara realtime di ponsel setiap karyawan. Jadi, bisa dipastikan info perubahan jam dan jadwal kerja tersebut diterima oleh seluruh karyawan dengan cepat dan tepat.

Selain itu, pada instruksi mendagri terkait perpanjangan PPKM Mikro hingga 28 Juni 2021 tersebut juga ditegaskan bahwa karyawan yang melakukan WFH tidak diperkenankan untuk melakukan perjalanan ke daerah lain. Seperti yang telah disebutkan dalam diktum kesembilan huruf a poin 3 “Pada saat WFH tidak melakukan mobilisasi ke daerah lain”. Untuk memastikan hal ini benar-benar dipatuhi dengan disiplin oleh seluruh karyawan, Anda bisa menggunakan berbagai fitur di Fingerspot.iO seperti fitur Pantau Lokasi Karyawan di Berbagai Tempat agar manajemen perusahaan dapat mengetahui lokasi keberadaan karyawan yang bekerja dari mana saja. Informasi lokasi karyawan yang diterima merupakan lokasi real sesuai keberadaan karyawan. Dilengkapi pula dengan fitur Pantau Lokasi Karyawan dalam Bentuk Clustering Maps untuk dapat melihat data lokasi karyawan dari aktivitas spot yang baru dibuat, spot terakhir yang dikunjungi, scan GPS berdasarkan status scannya dan pantau lokasi karyawan berdasarkan periode tanggal yang diatur. Sehingga bisa diketahui dengan pasti apakah karyawan yang bersangkutan benar-benar tidak mengunjungi daerah lain ketika WFH.

Bukan hanya perkantoran, restoran dan mall juga terimbas adanya perpanjangan PPKM Mikro hingga 28 juni 2021 ini. terkait akivitas restoran dan mall memang tidak ada perubahan dari segi waktu pelayanan, yakni jam operasional sampai 21:00 WIB dan kapasitas maksimal 50%. Namun pada rentang masa perpanjagan PPKM Mikro ini seluruh restoran dan mall di zona merah wajib memperketat penerapan protokol kesehatan. Untuk pengusaha di bidang restoran dan mall jangan khawatir dengan kegiatan usaha selama masa perpanjangan PPKM Mikro ini. Usaha Anda bisa tetap berjalan selama Anda benar-benar melakukan himbauan pemerintah untuk lebih ketat dalam menerapkan protokol kesehatan. Manfaatkan fitur Deteksi Wajah Tanpa Masker yang terintegrasi dengan App Fingerspot Mask Detection (FMD) yang membantu dalam pengawasan penggunaan masker karyawan meski saat offline. Atasan akan menerima notifikasi secara realtime jika ada staf yang tidak menggunakan masker. Gunakan juga fitur Informasi Suhu Tubuh Karyawan agar memudahkan Anda dalam mengetahui kondisi kesehatan karyawan dengan kemudahan akses infomasi kondisi karyawan yang juga bermanfaat untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada para pelanggan Anda.

Dengan Fingerspot.iO, perusahaan-perusahaan di seluruh Indonesia selalu siap dengan perubahan kebijakan sistem kerja selama pandemi. WFO maupun WFH tetap aman, nyaman dan mudah. Agar tak resah jalani WFH 75% di masa perpanjangan PPKM selama 2 pekan hingga 28 juni 2021 mendatang, pastikan perusahaan Anda sudah pakai Fingerspot.iO ya..

***
Sumber artikel : Zona Merah Wajib WFH 75%

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel

ORDER