Tips Memaksimalkan Work From Home Selama Pandemi Covid-19

Kita tentu tidak asing lagi dengan istilah ‘melek teknologi’ yang merujuk pada betapa pentingnya penguasaan teknologi terkini untuk memudahkan kita dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Hal ini pun sangat terasa di masa pandemi seperti saat ini. Pandemi Covid-19 mengharuskan kita untuk dapat bekerja dengan teknologi.

Kini, kita tengah memasuki era tren kerja baru yang disebut Work From Home (WFH), dimana dalam pelaksanaannya para karyawan diberi kebebasan atau fleksibilitas untuk memilih lokasi dan jam kerjanya yang didukung dengan pemanfaatan teknologi digitalisasi dan otomatisasi. Dalam hal ini, teknologi terbukti mampu menyederhanakan pekerjaan sehari-hari dan menghubungkan pekerja dengan efisien.

Work From Home


Lalu, bagaimana caranya untuk memaksimalkan tren kerja WFH di masa pandemi dengan teknologi ini? Berikut beberapa tipsnya:


1. Dokumentasi.

Berbeda halnya dengan Work From Office (WFO) yang biasanya hanya memerlukan dokumentasi di beberapa bagian tertentu dalam tugas kerja. Ketika melakukan Work From Home (WFH) maka dokumentasi menjadi hal wajib untuk setiap tugas kerja. Hal ini bisa meliputi pendokumentasian proses kerja setiap karyawan, yaitu bukti nyata waktu dan lokasi yang digunakan selama bekerja dari rumah. Untuk pendokumentasian proses kerja ini dapat dimaksimalkan dengan memanfaatkan Fitur Pantau Kinerja Fingerspot.iO dimana setiap karyawan dapat mendokumentasikan lokasi dan jam kerjanya dengan bukti data valid. Selain itu, karyawan juga dapat menunjukkan hasil nyata pekerjaannya dengan melampirkan bukti foto diri dan file dari tugas yang dikerjakan secara mudah, praktis, valid dan realtime

2. Komunikasi.

Selain dokumentasi, komunikasi adalah hal penting yang juga mengalami perubahan signifikan selama masa kerja di era New Normal. Jika komunikasi pada saat Work From Office (WFO) yang memungkinkan untuk selalu bertatap muka antar karyawan dan atasan termasuk hal yang penting, apalagi di masa Work From Home (WFH), pentingnya menjalin dan menjaga komunikasi di masa ini lebih meningkat. Tidak mudah untuk menjalin dan menjaga komunikasi kerja selama Work From Home (WFH) dikarenakan keterbatasan waktu, tempat dan media komunikasi yang tak semudah ketika komunikasi langsung dengan bertatap muka. Namun, bagaimana pun juga komunikasi kerja harus tetap mendapat perhatian khusus agar selama proses kerja yang fleksibel ini bisa dijalankan dengan optimal demi tercapainya hasil kerja sesuai dengan yang diharapkan untuk keberlangsungan dan kemajuan perusahaan serta seluruh karyawan. Dalam hal ini pun, teknologi kembali mengambil peran penting untuk memudahkan komunikasi efektif selama proses kerja tersebut. Teknologi paling ideal yang dapat diterapkan dalam upaya komunikasi efektif selama Work From Home (WFH) ini adalah dengan memanfaatkan Fitur E-Learning Fingerspot.iO

Penggunaan Fitur E-Learning pada Fingerspot.iO ini dapat memberikan banyak manfaat untuk memaksimalkan komunikasi kerja yang sangat tepat bagi Work From Home (WFH) maupun Work From Office (WFO) dengan kondisi perusahaan yang memiliki beberapa lokasi kerja yang berbeda. Adapun berbagai manfaatnya antara lain:

  1. Setiap karyawan bisa selalu mendapat info terbaru dan paling valid mengenai materi pembelajaran untuk product knowledge, informasi seputar kebijakan-kebijakan terbaru perusahaan, serta memo dari perusahaan dalam bentuk file text ataupun video.
  2. Tidak ada satupun karyawan yang ketinggalan informasi karena begitu cepat dan mudah diakses dengan ponselnya kapan saja di mana saja, sehingga kerja jadi lebih efisien.
  3. Setiap informasi dari perusahaan bisa tersampaikan dengan baik pada seluruh karyawan baik yang bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) maupun yang bekerja di kantor atau Work From Office (WFO).

Tak harus memiliki dasar pengetahuan teknologi yang tinggi untuk mendapatkan segala manfaat ini. Menu – menu fitur yang user friendly pada Fingerspot.iO akan memudahkan siapapun dalam pengoperasiannya.

Untuk manajemen perusahaan:

Bisa langsung login di Fingerspot.iO dan pastikan sudah add on layanan E-Learning agar layanan tersebut bisa diaktifkan yang ditandai dengan hilangnya icon gembok pada tampilan menu fitur E-Learning.
Klik menu ‘E-Learning’, kemudian tekan pilihan ‘Tambah E-Learning’ dan lengkapi beberapa informasi pada data isian yang tampil.

Untuk karyawan:

Bisa mengakses menu E-Learning di APP Fingerspot.iO melalui ponselnya.
Mendapatkan berbagai file atau video yang telah diunggah oleh pihak manajemen perusahaan dengan memilih menu ‘Lihat Semua’, kemudian pilih ‘E-Learning’, maka akan muncul tampilan laman E-Learning yang berisikan berbagai file text yang bisa dibaca ataupun video yang bisa dipilih dan disaksikan oleh karyawan.

Transformasi digital dalam dunia kerja yang terjadi begitu cepat di masa pandemi Covid-19 ini memunculkan terobosan baru dalam dunia kerja yang fleksibel dan mengharuskan setiap karyawan untuk menguasai teknologi yang memudahkan dalam berkoordinasi dan berkolaborasi. Meski tak semua orang memiliki kemampuan yang mumpuni di bidang teknologi, namun semua orang pasti bisa memanfaatkan teknologi terkini yang lebih user friendly. Fitur E-Learning Fingerspot.iO hadir untuk membantu memudahkan siapapun agar dapat memanfaatkan teknologi untuk memaksimalkan kerja terutama saat harus bekerja secara fleksibel atau Work From Home (WFH) di masa pandemi ini.

Selain user friendly, Fingerspot.iO juga budget friendly, karena Fingerspot.iO didukung teknologi mutakhir yang mampu meminimalisir biaya operasional usaha Anda. Apalagi jika Anda dapat segera memanfaatkan promo Fingerspot.iO SUPER DEAL yang akan memberikan Anda berbagai keuntungan seperti GRATIS Voucher 1 juta, DISKON 50%, dan GRATIS Mesin Absensi WiFi. Promo ini khusus untuk pengguna baru. Info lengkapnya, bisa langsung chat dengan CSO di fingerspot.com atau bisa juga bertanya langsung dengan mengunjungi kantor Fingerspot terdekat di kota Anda.

***
Artikel ini kali pertama dipublikasikan di sini

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.