3 Tips Jitu Agar Perusahaan Sukses

Memiliki perusahaan yang sukses tentu menjadi keinginan semua orang. Namun hal tersebut tidak mudah karena membangun sebuah perusahaan yang sukses tidak seperti membalikan kedua telapak tangan.

Terkadang, seseorang salah mengambil langkah dalam mengelola sebuah perusahaan, sehingga bukannya sukses, perusahaan tersebut justru gulung tikar.

Selain itu, terkadang juga seseorang sudah pesimistis ketika perusahaan yang dia bangun tak kunjung untung. Padahal hal tersebut disebabkan karena strategi perusahaan yang kurang matang.

From: ShutterStock

Dilansir dari halaman inc.com berikut tiga cara yang Anda bisa lakukan untuk memiliki perusahaan sukses:

1. Evaluasi Kinerja Perusahaan Anda Setiap Tahun

Langkah pertama dalam mengembangkan perusahaan adalah melakukan evaluasi secara menyeluruh tentang kinerja perusahaan Anda. Anda bisa memeriksa bagaimana kenaikan total penjualan selama satu tahun sebelumnya.

Selain itu bandingkan pula capaian tahun lalu dengan tahun-tahun sebelumnya apakah ada peningkatan atau tidak. Anda bisa melakukan evaluasi dari bulan ke bulan ataupun per triwulan.

Anda bisa melakukan analisis di mana letak kelebihan dan kekurangan dari perusahaan Anda. Hasil evaluasi tersebut bisa Anda jadikan bahan agar ke depannya bisa lebih baik lagi.

2. Evaluasi Kinerja Karyawan Anda

Selain kinerja perusahaan dalam satu tahun ke belakang anda juga bisa melakukan evaluasi terhadap karyawan Anda. Lakukan evaluasi secara individu maupun tim untuk mengetahui bagaimana kinerja dari masing-masingnya.

Sebagai contohnya, perusahaan saya bisa menjual USD1 juta pada satu tahun belakangan. Sedangkan seorang sales A berhasil menyumbangkan 25% dari penjualan atau USD250 ribu maka Anda dapat memperkirakan dia dari sales tersebut harus berapa persen menjualnya.

Jika sales lain hanya menjual tidak lebih dari 25% maka Anda bisa memperhitungkan untuk membentuk beberapa tim untuk menunjang kinerjanya. Selain itu, bahan evaluasi tersebut juga bisa Anda jadikan penilaian sekaligus pertimbangan untuk menerima seorang sales baru atau mengeluarkan sales tersebut.

3. Minta Masukan untuk Kinerja di Masa Mendatang

Setelah melakukan evaluasi cobalah Anda meminta masukan dari masing-masing karyawan. Hal tersebut nantinya bisa Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan startegi penjualan dari perusahaan Anda.

Setelah mendapatkan apa yang harus Anda lakukan, maka Anda bisa segera mengimplementasikanya dalam waktu setahun ke depan. Tentunya dalam mengimplementasikannya Anda harus meminta kerjasama dari semua pihak yang ada di perusahaan tanpa terkecuali.

***
Artikel kali pertama dipublikasikan di Tips Jitu Perusahaan

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.