3 Fitur Andalan Alat Absensi untuk HRD

Menjelang akhir bulan, bagian HRD dan keuangan selalu disibukkan dengan kegiatan pengolahan data kehadiran dan penggajian karyawan. Bahkan ada juga yang rela lembur agar data tersebut bisa selesai diolah dan menghasilkan laporan yang benar juga akurat karena data-data tersebut saling berkaitan. Salah merekap absensi karyawan akan berpengaruh pada nominal gaji karyawan. Tentu hal ini harus dihindari agar tidak terjadi masalah. Jika perusahaan masih menggunakan cara manual seperti merekap absensi menggunakan form di kertas pasti proses olah data absensi akan selesai dalam waktu yang lumayan lama. Nah, ayo mulai sekarang tinggalkan cara manual dan gunakan teknologi alat absensi biometrik untuk menyelesaikan tugas dengan efektif dan efisien!

Salah satu brand alat absensi biometrik yang sudah terjamin kualitasnya adalah Fingerspot. Pada alat absensi Fingerspot terdapat 3 (tiga) fitur andalan yang sangat membantu tugas HRD. Apa sajakah fitur-fiturnya?

Sumber gambar : https://esnoticia.co


1. SSR (Self Service Reader)

Fitur SSR (Self Service Reader) berfungsi untuk mengolah data karyawan, mengatur jam dan jadwal kerja serta menghasilkan laporan kehadiran di alat absensi tanpa menggunakan software absensi. Data laporan kehadiran dapat di-download ke flashdisk dalam bentuk file Excel agar dapat diproses dengan praktis dan mudah. Namun, untuk pengolahan data absensi yang lebih lengkap tetap dapat memakai software personalia dan penggajian yaitu, Fingerspot Personnel.

2. SSQ (Self Service Query)

Sekilas nama fitur SSQ (Self Service Query) terdengar sama dengan fitur SSR namun fungsinya berbeda. Fitur SSQ berguna untuk melihat data scan karyawan tanpa harus masuk ke menu alat absensi. Bagaimana caranya? Masukkan PIN karyawan di alat absensi dan tekan tombol OK, selanjutnya akan tampil data scan karyawan beserta tanggal dan waktunya. Jika ada karyawan yang merasa sudah melakukan scan tapi data tidak muncul bisa dicek dengan fitur ini.

3. USB Data Encryption

Fitur USB Data Encryption mampu menjaga data kehadiran di alat absensi dari “tangan-tangan jahil”. Data kehadiran akan diubah menjadi kode-kode rumit sehingga sulit diubah oleh orang tak bertanggung jawab. Data tersebut hanya bisa dibuka dan terbaca dengan jelas jika dimasukkan ke dalam software Fingerspot Personnel.

Pengolahan data absensi yang benar akan bermanfaat untuk banyak hal selain untuk penggajian. Misalnya, untuk mengevaluasi tingkat kedisiplinan karyawan, menganalisa dan sebagai dasar pertimbangan keputusan dalam mengembangkan SDM. Mesin absensi Fingerspot tidak hanya dipakai di perusahaan besar saja. Bisa dipakai di pabrik, sekolah, universitas, bisnis UKM, restoran, hotel, dan tempat bisnis lainnya. 

Memanfaatkan teknologi biometrik dalam pekerjaan akan mengurangi tingkat kesalahan seperti salah input data karena satu kesalahan kecil saja bisa berdampak pada data lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Segera pilih alat absensi Fingerspot yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda! Mari nikmati kemudahan manajemen absensi bersama Fingerspot.

***
Sumber artikel kali pertama dipublikasikan 3 Fitur Andalan

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.