Kamis, 25 Oktober 2018

Optimasi Perpustakaan dengan Scan Barcode, Emang Bisa?

'Buku adalah jendela dunia' masih ingat dengan kiasan yang satu ini? Sebuah kalimat pendek dengan makna yang begitu mendalam mengenai pentingnya membaca buku. Buku adalah salah satu media yang berisikan banyak informasi, ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat bagi segala usia dan profesi. Begitu pentingnya membaca buku sehingga kita bisa melihat banyaknya tempat-tempat khusus yang dibangun dan dirancang sedemikian rupa untuk kenyamanan membaca, seperti perpustakaan.

Sebuah perpustakaan biasanya dirancang sedemikian rupa untuk meningkatkan kenyamanan membaca dan menumbuhkan minat baca masyarakat secara umum. Oleh karena itulah kita bisa menemukan banyak sekali koleksi buku yang dapat dipilih berdasarkan segmentasi usia dan jenis bacaan di dalam perpustakaan. Terdapat pula rak-rak dengan jajaran buku yang tersusun rapi sesuai jenis dan segmentasinya. Mulai dari berbagai buku mata pelajaran, buku kiat-kiat bisnis, buku kumpulan motivasi dari tokoh dunia hingga kumpulan resep masakan, semua tersusun rapi pada rak-rak yang tersedia. Hal ini ternyata tidak terlepas dari penggunaan barcode yang tertempel pada setiap buku.

Scan Barcode buku dalam perpustakaan

Tentu saja, di era digital seperti saat ini, hampir semua hal memanfaatkan teknologi untuk berbagai kepentingan, termasuk penggunaan barcode scanner untuk otomasi perpustakaan. Berikut beberapa manfaat penggunaan barcode scanner untuk otomasi perpustakaan:

1. Proses Transaksi Sirkulasi Dokumen Lebih Cepat dan Tepat

Dalam hal ini, biasanya barcode dicetak pada kartu anggota perpustakaan dengan kode khusus nomor identifikasi anggota perpustakaan. Ketika anggota perpustakaan melakukan transaksi peminjaman atau pengembalian buku, maka cukup dengan memindai kode pada kartu anggota dengan menggunakan barcode scanner sehingga dapat dengan cepat dan tepat memunculkan data anggota tersebut.

2. Input Data Buku Lebih Mudah

Tidak hanya pada kartu anggota perpustakaan, barcode juga dicetak serta ditempelkan pada setiap buku di perpustakaan untuk memudahkan input data buku pada transaksi peminjaman atau pengembalian dari anggota perpustakaan. Dengan adanya barcode ini tentu petugas perpustakaan tidak perlu melakukan proses input secara manual yang menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan rawan salah akibat faktor human error. Cukup gunakan alat pemindai atau pembaca kode otomatis berupa barcode scanner, maka proses input data buku bisa dilakukan dengan cepat dan akurat.

3. Penataan Buku Lebih Rapi

Setelah membaca buku apakah Anda selalu meletakkan kembali buku tersebut di tempat semula? atau meninggalkannya begitu saja di meja? Kebiasaan meninggalkan buku di meja setelah membacanya adalah hal yang sudah umum terjadi. Hal ini biasanya dikarenakan banyaknya jumlah buku yang diambil dalam satu waktu, sehingga mengalami kerepotan dan kebingungan ketika hendak mengembalikannya ke tempat semula. 

Namun ada juga perpustakaan yang memang memiliki aturan bahwa buku yang sudah dibaca harus diletakkan di meja baca. Hal ini biasanya dikarenakan seringkali didapati pengunjung perpustakaan yang salah dalam meletakkan buku pada rak yang tidak semestinya, sehingga justru kemudian menimbulkan masalah dan kesulitan dalam mencari dan menemukan buku sesuai segmentasinya. Oleh sebab itulah petugas perpustakaan bisa melakukan scanning kode pada buku tersebut untuk mengetahui informasi pengelompokan jenis buku sehingga bisa diletakkan kembali ke rak buku yang seharusnya dengan lebih cepat, tepat dan rapi.

Penggunaan barcode scanner sebagai bagian dari otomasi perpustakaan telah banyak dimanfaatkan secara luas karena terbukti mampu membantu proses transaksi sirkulasi dengan lebih cepat dan tepat. Human error yang sering dilakukan petugas perpustakaan seperti salah ketik nomor anggota atau nomor kode buku dapat diminimalisir. 

Jika Anda seorang pecinta buku, dan memiliki banyak koleksi buku di rumah bisa juga menerapkan sistem otomasi seperti pada perpustakaan dengan menggunakan barcode scanner untuk meminimalisir kemungkinan resiko kehilangan buku Anda yang dipinjam oleh teman, rekan kerja atau juga saudara. Jangan lupa! pilih barcode scanner yang bekualitas hanya di Kanasecure.com

***

Sumber: artikel kali pertama dipublikasikan di fungsi scan barcode

Tidak ada komentar:

Posting Komentar