Kamis, 25 Oktober 2018

4 Bonus Menggunakan Alat Absensi Wajah Revo FF-183

Keamanan dan kenyamanan adalah 2 (dua) faktor yang mutlak ada pada sebuah sistem absensi sehingga kegiatan absensi bisa berjalan dengan lancar dan optimal. Faktor keamanan lebih erat korelasinya dengan kepentingan perusahaan untuk mendapatkan data kehadiran karyawan yang akurat dan cepat. Sedangkan faktor kenyamanan lebih mengarah pada apa yang dirasakan oleh karyawan untuk melakukan absensi dengan lebih mudah, cepat dan minim kendala. Oleh sebab itu, dibutuhkan media pendukung berupa alat absensi yang mengadopsi teknologi biometrik untuk mendukung keamanan dan kenyamanan sistem absensi, seperti alat absensi sidik jari.

Layaknya produk hasil perkembangan teknologi lainnya, alat absensi sidik jari juga terus mengalami perubahan untuk menjawab kebutuhan manusia, salah satunya dengan adanya penambahan jenis identifikasi pengenalan wajah atau face recognition. Ini merupakan jenis biometrika kedua setelah fingerprint yang diterapkan pada sebuah alat absensi. Saat ini alat absensi dengan teknologi biometrik jenis face recognition mampu melengkapi keamanan dan kenyamanan sistem absensi.

Revo FF-183


Keunggulan alat absensi menggunakan sensor wajah atau face detection adalah sebagai berikut:


1. Lebih Akurat

Akurat yang dimaksud disini dalam artian lebih sulit lagi untuk kemungkinan karyawan melakukan titip absen, sehingga perusahaan dapat memperoleh data absensi karyawan yang benar-benar sesuai dengan kenyataan. Pada tipe identifikasi menggunakan sidik jari atau fingerprint sebenarnya sudah sulit bagi karyawan untuk titip absen, namun pada face recognition lebih sulit lagi untuk titip absen karena jumlahnya hanya satu dan benar-benar tidak dapat diwakilkan sama sekali walaupun dengan foto wajah seukuran wajah aslinya.

2. Efektif dan Efisien

Hal ini berimplikasi pada 2 (dua) hal yaitu: lebih mudah dan lebih steril atau higienis. Scan absensi dengan metode face recognition tidak memerlukan kontak langsung dengan mesin sama sekali. Tidak perlu menyentuh sensor pada alat absensi ataupun menyentuh media lain seperti kartu yang harus didekatkan ke sensor pembaca, juga tidak perlu menyentuh keypad pada mesin seperti saat memasukkan password. Untuk melakukan absensi, karyawan cukup menatap layar kamera yang terdapat pada alat absensi, tanpa menyentuh apapun.

3. Lebih Sulit Berubah atau Hilang

Akan selalu ada saja alasan bagi karyawan yang kurang disiplin untuk tidak melakukan scan absensi, mulai dari lupa password, kartu RFID ketinggalan, hilang atau rusak, hingga masalah sidik jari yang sulit dibaca. Sidik jari memang terkadang bisa rentan hilang atau rusak jika bersentuhan dengan sabun cuci atau bahan kimia lain, atau juga kondisi jari yang sering bergesekan dengan benda keras seperti yang biasa dialami pada karyawan pabrik atau laboratorium. Untuk mengantisipasi hal ini diperlukan tipe identifikasi lain yang mampu menjawab segala permasalahan tersebut, yakni penggunaan face recognition yang lebih sulit berubah ataupun hilang.

4. Lebih Menunjukkan Jati Diri Seseorang

Pada alat absensi yang memiliki tipe identifikasi wajah, biasanya foto akan diambil dan disimpan ke dalam memory saat registrasi template wajah tersebut, sehingga pada sistem kerjanya bisa menjadi lebih mudah untuk mengenal seseorang yang melakukan scan absensi. Dengan demikian, tak membutuhkan waktu yang lama untuk mengenali wajah karyawan yang sedang melakukan scan absensi. Kecepatan dalam membaca wajah tersebut mampu menghemat waktu dan tenaga sehingga karyawan bisa lebih mengoptimalkan waktu yang dimilikinya untuk segera bekerja.

Begitu banyaknya kelebihan pada penggunaan face recognition sehingga banyak alat absensi yang menambahkan pengenalan wajah sebagai salah satu jenis identifikasi absensi karyawan. Namun, yang juga perlu menjadi perhatian, bahwa face recognition yang diterapkan pada alat absensi turut dipengaruhi kondisi pencahayaan ketika melakukan scan absensi. Untuk itu, sebaiknya pilih alat absensi wajah yang dilengkapi dengan kamera infra merah sehingga dapat dengan mudah membaca scan wajah di dalam ruangan yang minim cahaya. 

Seperti alat absensi Revo FF-182BNC yang memiliki fitur face recognition dengan dilengkapi kamera infra merah, sehingga tak perlu khawatir saat melakukan scan dalam kondisi ruangan yang minim cahaya sekalipun.

Alat absensi Revo FF-182BNC, generasi baru mesin absensi canggih Fingerspot dengan desain elegan yang memiliki 4 (empat) tipe identifikasi, yaitu: sidik jari, wajah, password dan kartu yang bisa dikombinasikan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan absensi, kini dapat Anda miliki dengan harga minimal dengan segala keunggulannya yang maksimal.

So, sudah saatnya perusahaan Anda, menggunakan alat absensi menggunakan sensor wajah. Kamu ready?


***
Sumber artikel kali pertama dipublikasikan di alat absensi wajah Revo FF-183

Tidak ada komentar:

Posting Komentar