5 Penyebab Karyawan Hilang Fokus Bekerja

Salah satu faktor dalam meraih sukses adalah menjaga fokus dan konsentrasi. Namun, sayangnya menjaga fokus dan konsentrasi di kantor kadang sulit dilakukan. Banyak hal-hal yang menjadi pengganggu konsentrasi dalam bekerja sehingga pekerjaan tidak selesai tepat waktu. Bahkan hal penting untuk pekerjaan juga menjadi penghambat dalam bekerja dan dapat memecahkan konsentrasi. Berikut inilah 5 Penyebab Karyawan Hilang Fokus Bekerja


1. Notifikasi ponsel/ Smartphone

Ponsel atau yang kini disebut smartphone adalah segalanya bagi sebagian besar orang. Keberadaan smartphone tak pernah bisa lepas dari beberapa profesi tertentu seperti account executivife, sales representatif, admin media sosial, dan profesi lain yang berhubungan dengan banyak orang. Notifikasi dari smartphone inilah yang sering membuat karyawan gagal fokus dalam bekerja. Sebaiknya aktifkan mode getar atau silent pada smartphone agar karyawan bisa lebih konsentrasi dalam bekerja. Tentukan juga waktu untuk mengecek smartphone sehingga tidak mengganggu pekerjaan. Jika tidak terlalu dibutuhkan, taruh smartphone di tas atau loker.

2. Internet

Fasilitas internet di kantor harus digunakan dengan bijaksana. Jika waktunya bekerja ya bekerja. Jangan membuka media sosial saat bekerja. Boleh menggunakan media sosial ketika bekerja, hanya sekedar melepas penat dan lelah. Mencari hiburan di kala tugas menumpuk boleh saja, tapi aturlah waktu yang tepat dalam membuka media sosial. Misalnya, saat awal bekerja, menjelang istirahat dan sesudah istirahat, kemudian saat akan pulang kerja.

3. Lapar dan Mengantuk

Kalau sudah lapar dan mengantuk, konsentrasi kerja bisa terganggu. Oleh karena itu, makan yang teratur dan istirahat yang cukup. Sering terlambat makan juga tidak bagus untuk kesehatan, terutama bagi penderita maag. Kemudian, jika rasa kantuk mulai datang, cuci muka atau berjalan kaki sebentar agar pikiran terasa fresh. Atau juga sekedar keluar dari kantor membeli jajanan gorengan dengan berjalan kaki. Renggangkan otot kaki agar aliran darah menjadi lebih lancar

4. Multitasking

Multitasking dapat menyelesaikan banyak pekerjaan dalam satu waktu? Justru multitasking membuang waktu secara tidak produktif. Lebih baik hentikan kebiasaan multitasking mulai dari sekarang. Pekerjaan malah tidak akan selesai semua karena fokus akan terpecah-pecah pada satu tugas ke tugas yang lain dan sering terjadi kesalahan. Otak manusia sulit memproses hal-hal berbeda secara bersamaan sehingga lebih lama dalam menyelesaikan pekerjaan. 

Gagal fokus saat bekerja dapat membahayakan karir karyawan itu sendiri. Satu saja kesalahan dilakukan maka akan berpengaruh pada penilaian kerja dan karir. Agar kondisi kerja tetap aman dan terkendali, ada baiknya memasang CCTV di ruang kerja sehingga Anda dapat memantau semua karyawan dengan cepat, efektif dan efisien.

***
Sumber gambar : cuinsight.com
Atikel kali pertama dipublikasikan di Hilang Fokus

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.