Cara Efektif Mengelola Keuangan

Di era yang serba instan dan perkembangan teknologi yang begitu pesat ini, banyak orang-orang yang mulai menggeluti usaha kecil untuk menambah penghasilan. Namun, sayangnya pelaku usaha ini kurang menyadari akan pentingnya mengatur keuangan dalam menjalankan suatu usaha. Mengelola keuangan adalah salah satu hal penting yang harus dipikirkan saat akan memulai, menjalankan, dan mengembangkan bisnis atau usaha Anda.

Tidak jarang pula orang yang memulai usaha kecil ini mencampur-aduk keuangan pribadi dan keuangan usaha. Ini merupakan salah satu kesalahan fatal yang sering terjadi dan jika dibiarkan terlalu lama maka keuangan usaha atau bisnis Anda menjadi sulit dikembangkan. Strategi dalam mengatur keuangan pun menjadi faktor penting yang harus diperhatikan dalam upaya menjaga kestabilan dan mengembangkan usaha kecil ke arah yang lebih baik.

Cara Efektif Mengelola Keuangan
Via Fingerspot.com


Lakukan Perencanaan

Mulailah dengan membuat perencanaan bisnis bagi Anda yang baru terjun dalam usaha kecil. Tentukan apa saja program dan rencana usaha Anda dalam periode panjang, kemudian bagilah perencanaan tersebut dalam beberapa periode pendek. Lakukan perhitungan secara detil mengenai kebutuhan dana untuk menjalankan rencana usaha tersebut. Lalu tentukan pula kapan program dijalankan dan perkiraan pendapatan yang diperoleh. Perkiraan pendapatan ini harus mampu memenuhi kebutuhan modal usaha. Pikirkan mulai dari beberapa produk yang akan dijual, berapa target penjualan, strategi apa untuk mencapai target penjualan, hingga memastikan keuntungan yang akan didapat.

Buat Budget Secara Rutin

Hal ini merupakan bagian terpenting dari cara mengatur keuangan usaha, yaitu dengan budgeting. Budgeting berfungsi sebagai batasan untuk menilai kinerja dan efisiensi usaha. Dengan menyusun budgeting, Anda dapat membatasi pengeluaran sesuai koridor yang sudah ditentukan dan estimasi sebelumnya. Setelah menyusun anggaran, lakukanlah budgeting secara berkesinambungan. Anda juga dapat menggunakan review dari budgeting untuk usaha kecil dari periode sebelumnya agar Anda dapat mengintrospeksi dan memiliki gambaran yang lebih baik dari sebelumnya.

Awasi Arus Keuangan

Saat menjalankan suatu usaha, Anda perlu mengawasi arus keuangan secara berkala. Terkadang, arus keuangan menjadi hal yang paling sulit dilakukan karena perlu tingkat ketelitian yang cukup tinggi, salah satu prosedur keuangan yang akan sering Anda jumpai adalah penggajian karyawan. Jika Anda kesulitan dalam mengawasi arus keuangan, Anda dapat menggunakan aplikasi atau software untuk mengontrol dan menetapkan prosedur keuangan yang baik dan akurat. Fingerspot Personnel adalah software absensi dan penggajian yang dapat Anda gunakan untuk mengontrol absensi karyawan sekaligus modul penggajian karyawan hingga membuat laporan dengan mudah, cepat, akurat.

Gunakan Laba untuk Pengembangan Usaha

Anda berhak menikmati hasil dari kerja keras, namun Anda sebaiknya tidak menghabiskan hasil kerja keras tersebut begitu saja. Langkah bijak yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan laba atau uang keuntungan untuk mengembangkan usaha atau menginvestasikan ke bidang yang lebih menguntungkan, seperti menambah barang dagangan dan menggunakan mesin absensi untuk mencatat kehadiran karyawan. Dengan menggunakan mesin absensi, berarti Anda telah berinvestasi, Anda tidak perlu lagi menghabiskan biaya dan waktu berlebih untuk mengelola karyawan dan sistem HR. Ingatlah bahwa salah satu kontribusi terpenting karyawan terletak pada waktu yang mereka berikan untuk bekerja. Jika Anda melakukan hal ini, maka besar kemungkinan untuk cepat menjadi pengusaha yang sukses.

Demikian panduan mengatur keuangan secara efektif. Pada dasarnya, kesuksesan suatu usaha hanya akan tercapai dengan niat dan kerja keras yang tinggi. Dengan kedua hal tersebut, maka mengatur keuangan usaha atau bisnis Anda pun akan semakin mudah untuk dilakukan. Semakin Anda memahami keuangan bisnis Anda, maka Anda pun semakin siap membuat keputusan cerdas dalam mengelola keuangan.

***
Artikel ini pernah dipublikasikan di sini


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.