Sabtu, 07 April 2018

4 Alasan Perusahaan Wajib Menggunakan Software Absensi dan Payroll

Apa itu software absensi dan payroll? Apakah software itu penting? Software apa yang bagus dan cocok untuk perusahaan saya? Itulah pertanyaan yang sering muncul saat berbicara mengenai HRIS (Human Resource Information System), terlebih lagi bagi orang-orang yang awam dengan dunia HRD. HRIS adalah sistem terintegrasi yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisa informasi mengenai human resource perusahaan.

Lalu, mengapa software HR ini begitu penting bagi perusahaan? Sebagai pemilik bisnis, Anda tentu sudah memahami bahwa fungsi-fungsi human resource meliputi merekap absensi, menghitung gaji, memproses cuti atau perizinan. Meskipun fungsi tersebut terdengar mudah, nyatanya kegiatan ini dapat menyita waktu yang lama dan rawan terjadi kesalahan, terutama jika Anda memiliki jumlah karyawan yang cukup banyak. Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan HRIS yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan untuk manajemen HR yang lebih efektif dan efisien.

4 Alasan Perusahaan Wajib Menggunakan Software Absensi dan Payroll
Via Fingerspot.com

Kini, banyak platform HRIS yang tersedia dalam bentuk software berbasis desktop dan aplikasi berbasis smartphone. Platform ini memiliki user interface yang sederhana dan dilengkapi dengan berbagai fitur yang lengkap. Ada beberapa manfaat yang akan dinikmati perusahaan dalam mengadopsi HRIS.

1. Rekap laporan absensi menjadi lebih mudah dan cepat

Berbagai data absensi karyawan, seperti kehadiran, ketidakhadiran, pulang cepat, terlambat, dan istirahat berlebih akan terekap lebih praktis yang akhirnya dapat diolah menjadi laporan absensi. Dengan begitu, laporan absensi tiap bulan terorganisir dan terpantau lebih optimal.

2. Meminimalisir kesalahan (human error) dalam menghitung penggajian

Penghitungan gaji secara manual atau cara konvensional akan memakan waktu yang lama dengan akurasi yang rendah. Namun, HRIS dapat menghitung berapa gaji yang harus Anda bayarkan pada setiap karyawan dengan lebih cepat dan akurat.

3. Performa karyawan lebih terkontrol


Salah satu kontribusi terpenting karyawan adalah waktu yang mereka berikan untuk bekerja. HRIS menyediakan fitur absensi karyawan secara online yang mengurangi kemungkinan karyawan berbuat curang, seperti “titip absen”.

4. Kemudahan akses dan keamanan penyimpanan data personalia

Anda dapat menyimpan data karyawan berbasis online, mulai dari data pribadi hingga penggajian secara digital. Cukup akses data yang tersimpan secara online, tanpa repot mencari data di selembar kertas yang rawan hilang.

HRIS akan memudahkan Anda dalam mengelola karyawan lebih efisien. Pilihlah software atau aplikasi yang memiliki fitur lengkap dan reputasi yang terpercaya, seperti Fingerspot Personnel dan EZCloud. Tidak hanya menawarkan fitur terkini, Fingerspot Personnel dan EZCloud memiliki sederetan fitur yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan perusahaan, mulai dari pengolahan data karyawan, perekapan laporan absensi, hingga pengelolaan gaji karyawan. 

Jadi, masih ragu menggunakan HRIS untuk kebutuhan perusahaan? Segera hubungi kami dan nikmati pengalaman manajemen absensi-payroll terbaik!

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar