Kerennya Bekerja Menjadi HRD, Yuk Pahami Lebih Dahulu Pekerjaannya

Menentukan jurusan kuliah yang sesuai dengan bakat dan minat adalah hal yang sangat penting ketika melanjutkan studi di perguruan tinggi. Tercatat hingga akhir tahun 2017 lalu, jurusan yang berhubungan dengan profesi HRD (Human Resources Development) atau personalia masih menjadi favorit di beberapa perguruan tinggi baik swasta maupun negeri di tanah air. Berprofesi di bidang HRD nampaknya masih banyak diminati oleh para profesional muda. Ketika menjadi bagian dari posisi HRD berarti anda telah siap menyandang profesi yang membanggakan dan memiliki prestise tersendiri ini. Namun, sudah siapkah anda dengan berbagai tantangannya.

Kerennya Bekerja Menjadi HRD, Yuk Pahami Lebih Dahulu Pekerjaannya
Via fingerspot.com
Setiap pekerjaan pastinya memiliki tantangan tersendiri, tidak terkecuali menjadi seorang HRD. Profesi HRD menuntut anda untuk memiliki kemampuan multitasking yang tinggi, mengelola waktu dengan baik, efisiensi personal, menjaga kerahasiaan informasi, melayani top management, memberikan hak privasi yang terjaga pada karyawan, melindungi karyawan beserta organisasi dan nilai-nilai budaya perusahaan, menjadi saluran aspirasi karyawan dan perusahaan, selalu siap membantu manajer untuk mengembangkan karyawan, memiliki strategi manajemen yang baik, mampu memahami dinamika tim agar selalu bersemangat dan bekerja dengan baik.

Seluruh keterampilan tersebut harus dimiliki oleh seorang staff HRD. Namun, meski telah memiliki keseluruhan kemampuan HRD tersebut bukan berarti akan terbebas dari masalah dalam bekerja. Ada beberapa masalah yang seringkali dihadapi oleh para profesional yang bekerja di bidang personalia atau HRD. Seperti masalah take over karyawan, dimana HRD harus selalu siap dengan kemungkinan karyawan resign dan segera mencarikan penggantinya yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Karena meskipun anda sebagai staff HRD sudah berusaha mengoptimalkan manajemen dan nilai – nilai budaya perusahaan, namun akan ada saja karyawan yang memutuskan untuk resign, bahkan karyawan terbaik sekali pun 

Dalam menyiapkan karyawan baru tersebut tentu harus melalui serangkaian prosedur yang cukup panjang, seperti memasang iklan, melakukan perekrutan, screening cv, wawancara, menyaring kandidat, dan masih banyak lagi. Bayangkan ketika melakukan tugas rumit dan menyita waktu ini, dalam waktu yang bersamaan, anda harus melayani dan menampung segala aspirasi beserta keluh kesah karyawan yang mengadu pada anda, bahkan di waktu yang sama pula anda dituntut untuk segera membuat laporan untuk diserahkan pada atasan, menghitung gaji, dan lain sebaginya. 

Begitu luar biasa tantangan menjadi HRD profesional saat ini, oleh karena itu, Fingerspot hadir untuk menjadi partner handal dalam membantu tugas personalia anda. Dengan memanfaatkan teknologi biometrik berbasis cloud, Fingerspot siap membantu dan mendukung anda menjadi profesional berkualitas di bidang HRD.

***
Sumber artikel: www.fingerspot.com

Hubungi:
081 325 380 326 [Dipa Fingerspot]

Posting Komentar untuk " Kerennya Bekerja Menjadi HRD, Yuk Pahami Lebih Dahulu Pekerjaannya "