Senin, 05 Februari 2018

5 Rumus Jitu Sebagai Penghargaan Bagi Karyawan Berprestasi

Perusahaan mana yang tidak ingin memiliki karyawan berprestasi? Keberadaan karyawan berprestasi dalam sebuah perusahaan bisa turut menunjang kemajuan bersama. Layaknya aset yang berharga, keberadaan karyawan unggul ini perlu diberi perlakuan khusus agar karyawan lain bisa terpacu dan termotivasi untuk mengikuti jejaknya menjadi bintang selanjutnya yang bersinar di kantor. Perlakukan khusus ini bisa berupa pemberian penghargaan atau reward.

Reward via www.professional-translations.eu
Dengan memberikan penghargaan pada karyawan yang berprestasi, bukan hanya akan memotivasi karyawan lain untuk mengikuti jejaknya, namun juga membuat karyawan yang berangkutan merasa jerih payahnya dalam bekerja dihargai oleh perusahaan. Adalah hal yang manusiawi ketika manusia merasakan kebahagiaan yang luar biasa mengetahui bahwa kerja kerasnya dihargai. Untuk itu, jangan segan memberikan reward khususnya bagi karyawan yang telah menunjukkan proses dan hasil kerja yang maksimal.


Lalu, reward seperti apa yang tepat untuk diberikan pada karyawan anda yang berprestasi? Tak perlu bingung. Anda bisa menerapkan rumus 5A seperti yang telah dibahas di laman news Harvard Business Review, yaitu: Acknowledge, Attribute, Assign, Award, Assess/Analyze.

Acknowledge a.k.a Pengakuan 

Pengakuan yang anda berikan terhadap kontribusi seseorang mungkin akan terlihat sebagai hal yang sederhana, namun bisa membawa dampak yang luar biasa, terutama jika pengakuan tersebut anda berikan di depan umum. Tidak ada salahnya memberikan selamat atau pujian pada karyawan berprestasi di depan umum, seperti ketika rapat atau di hadapan para karyawan lainnya.

Attribute a.ka Tanda 

Apakah anda berfikir bahwa sebuah tanda tidaklah berarti? Sepertinya anda harus berpikir ulang. Nyatanya pemberian tanda pada karyawan terbukti bisa meningkatkan tanggung jawab mereka terhadap pekerjaan. Pemberian tanda tertentu pada karyawan yang berprestasi adalah hal yang baik dan sangat dianjurkan. Anda bisa menentukan employee of the month atau employee of the year sebagai bentuk pemberian tanda penghargaan pada karyawan yang berprestasi.

Assign a.k.a Penugasan 

Akan selalu ada permasalahan dan peluang yang muncul dalam perusahaan yang tentu akan dijadikan tugas bagi karyawan untuk menyelesaikannya. Penugasan ini bisa anda berikan pada karyawan berprestasi. Penugasan pada karyawan berprestasi dalam hal penyelesaian masalah atau pencapaian peluang bisa menjadi salah satu bentuk penghargaan dari perusahaan, karena dengan penugasan tersebut memiliki makna bahwa perusahaan percaya pada kemampuan karyawan tersebut. Dan ini pun bisa menjadi loncatan bagi karyawan berprestasi tersebut untuk meraih penghargaan yang lebih tinggi lagi, karena semakin besar masalah yang diselesaikan atau peluang yang diraih, maka semakin besar pula pengakuan perusahaan padanya.

Award a.ka. Hadiah 

Pada karyawan yang berprestasi anda pun bisa memberikan penghargaan berupa hadiah nyata yang bisa langsung digunakan atau dimanfaatkan oleh karyawan tersebut. Bisa berupa voucher belanja, tiket wisata, atau sejumlah uang. Hadiah seperti ini bisa langsung digunakan oleh karyawan dalam menambah pemasukan untuk memenuhi kebutuhannya. Selain itu, anda juga bisa memberikan hadiah yang bersifat personal, seperti makan siang atau makan malam bersama pimpinan, rekreasi satu tim beserta pimpinan, atau sekedar perayaan kecil di kantor. Dalam dunia kerja biasanya hadiah yang bersifat personal lebih banyak diberikan daripada hadiah berupa uang tunai, karena hadiah yang bersifat personal biasanya akan memiliki dampak jangka panjang terhadap kinerja karyawan.

Assess/Analyze a.k.a Pengukuran / Analisis 

Sebelum anda menentukan siapa yang menjadi karyawan berprestasi maka tentu diperlukan beberapa penilaian. Bagaimana anda mengukur kinerjanya? Bagaimana anda menentukan target yang perlu dicapainya? Bagaimana anda mengukur kesuksesannya? Tanpa adanya informasi valid terkait kinerjanya, maka sistem reward tidak akan pernah bisa berjalan dengan maksimal.

Dalam memberikan reward pada karyawan anda membutuhkan data-data valid untuk dianalisa sehingga didapatkan informasi yang baik sebagai kunci utama dari sistem pemberian reward tersebut. Salah satunya, anda bisa memanfaatkan software Fingerspot Personel yang dapat membantu anda merekap status kehadiran karyawan per periode, status keterlambatan karyawan, status pulang awal, dan status data karyawan ditampilkan dalam bentuk grafik yang mudah dipahami dan informatif.

Anda pun bisa lebih mudah memantau dan mengevaluasi kinerja karyawan yang nantinya bisa anda jadikan salah satu media pengukuran prestasinya. Prestasi sebuah perusahaan juga dipengaruhi dengan prestasi para karyawan di dalamnya. Bayangkan jika di dalam suatu perusahaan terdapat karyawan-karyawan yang berdedikasi tinggi dan berprestasi, tentu pencapaian yang didambakan perusahaan akan lebih mudah terlaksana.

***
Sumber artikel : www.fingerspot.com

Hubungi:
081 325 380 326 [Dipa Fingerspot]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar