Jangan Pernah Minder Kerja di Perusahaan Kecil!

Anda sering merasa iri melihat satu persatu teman kuliah mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang besar dan terkenal? Memang perusahaan besar dinilai bisa memberikan kesejahteraan di atas rata-rata pada karyawan. Selain itu, karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut pastilah bangga menyebutkan nama perusahaannya saat ada kerabat atau temannya menanyakan, “Sekarang kerja di perusahaan apa?”
tak mengapa kerja di perusahaan kecil
Via kanasecure.com
Meski demikian, bagi Anda yang bekerja di perusahaan kecil atau startup company tak perlu malu dan merasa minder dengan hal itu. Malah akan ada banyak peluang meningkatkan karir di perusahaan kecil bila Anda mau berusaha lebih giat.


Lingkungan kerja yang kekeluargaan

Biasanya perusahaan kecil memiliki karyawan ± 200 orang sehingga kesempatan untuk saling mengenal dengan rekan yang berbeda divisi menjadi terbuka lebar. Proses kerja pun bisa berjalan lancar karena dengan lingkup pertemanan yang kecil lebih memudahkan dalam koordinasi tugas. Akan keadaan ini tentu membuat rasa mengenal antar karyawan lebih intensif. Antara kasir dengan tim operasional, dengan tim deliveri dengan bagian umum pasti jauh akan lebih mudah daripada kerja di perusahaan yang jumlah karyawannya diatas 2000 orang. 

Penuh Inovasi

Perusahaan kecil memang tidak sebesar perusahan terpercaya lainnya dan masih dalam tahap mengembangkan bisnis. Oleh karena itu, dibutuhkan banyak inovasi dan ide kreatif untuk meningkatkan nilai perusahaan di mata masyarakat serta kompetitor. Bantulah memajukan perusahaan dengan mengajukan berbagai ide kreatif yang bisa menguntungkan perusahaan. Semakin besar kontribusi Anda maka peluang untuk meniti karir yang lebih tinggi bisa Anda dapatkan. Dengan demikian, potensi dan kemampuan Anda akan benar-benar dioptimalkan dan terasah betul. Skill yang hebat bukan yang bekerja tanpa ada hambatan, justru dengan adanya hambatan dan halangan ini nantinya akan membentuk karakter pantang menyerah dari seorang karyawan. Jika, karyawan memutuskan untuk resign pun kemampuan dan karakter ini akan terbawa dalam perjalanan hidupnya.

Belajar skill tambahan 

Meski memiliki job desk yang sudah jelas, kemungkinan besar Anda disuruh merangkap tugas lain. Mau tidak mau akhirnya Anda harus belajar ilmu baru lagi. Namun, tidak apa-apa karena hal ini bisa menjadi skill tambahan dan bisa menjadi selingan di antara rutinitas kerja yang terasa monoton. Seorang marketing juga perlu mengetahui sedikit kemampuan untuk hal teknis. Ketika teknisi baru keluar untuk bertugas, ada marketting yang bisa sementara membackup tugas dari rekan se tim. Begitu juga sebaliknya, karena perusahaan kecil ini sedang tumbuh dan berkembang otomatis harus berbuat demikian. Namun, jangan sampai kita membatu tugas rekan se tim, namun tugas pokok kamu belum terselesaikan. Utamakan mana yang prioritas dan mana yang tidak!



Bekerja di perusahaan kecil mungkin terlihat tidak keren di mata orang lain. Tapi, apa yang Anda dapatkan dan pelajari di perusahaan kecil ini bisa berguna untuk di masa depan nanti. Karena tidak ada ilmu yang sia-sia, semua ilmu pasti membawa manfaat. Jadi, tetaplah bersyukur dan semangat bekerja karena dari sinilah Anda mengais rezeki.

***
Sumber artikel : www.fingerspot.com

Hubungi:
081 325 380 326 [Dipa Fingerspot]

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.