Rabu, 31 Januari 2018

5 Tips Menjinakkan Tipe Karakter Rekan Kerja yang Beragam

Persaingan adalah hal yang lumrah terjadi di dunia kerja. Persaingan sejatinya dibutuhkan untuk motivasi dalam meningkatkan produktivitas karyawan. Persaingan ini harus diatur dalam sebuah batasan manajemen agar bisa berjalan dengan sehat dan berimbas baik pada kemajuan perusahaan. Tak bisa dipungkiri bahwa persaingan di kalangan para profesional muda saat ini lebih berat, menantang, bahkan terkesan ‘kejam’ dibandingkan beberapa tahun silam. Untuk itu anda harus selalu waspada dalam menghadapi rekan kerja yang bisa jadi ia memiliki jiwa kompetitif yang luar biasa. Pastikan anda mengenal dengan baik tipe karekter rekan kerja dan menentukan langkah yang tepat untuk menghadapinya agar masa depan karir anda terjaga.


Sifat dan Karakter Karyawan via Kanasecure.com


Apa saja sih tipe karakter rekan kerja serta cara menghadapinya? Simak berikut ulasannya :


1. Si Tukang Sabotase

Di urutan paling atas ada rekan kerja dengan tipe ‘si tukang sabotase’. Ini adalah tipe paling ‘kejam’, karena di depan anda ia tampak manis, mudah membantu, dan dekat dengan anda seolah ia menjadi rekan sekaligus sahabat yang baik. Namun di hadapan atasan ia bisa dengan mudah mengakui hasil kerja tim sebagai hasil pribadinya, bahkan ia tak segan merendahkan kinerja karyawan lainnya.

Caranya:
Hadapi dengan: kewaspadaan yang tinggi. Jika melihat tanda-tanda ia mengakui hasil kerja tim sebagai karyanya sendiri, segera laporkan pada pihak manajemen beserta buktinya.

2. Si Pusat Perhatian

Kalau punya rekan kerja seperti ini, sebaiknya jangan pernah menyampaikan keluh kesah yang anda rasakan terkait perusahaan atau bergosip dengannya. Karena si pusat perhatian punya kegemaran memata-matai rekan kerja lainnya untuk disampaikan pada atasan karena ia ingin selalu terlihat hebat dan ‘memikat hati atasan. Ia juga tak segan mengadu domba antar karyawan dengan berbagai macam gosip dengan tujuan menciptakan kekacauan untuk menghambat kerja mereka.

Caranya:
Hadapi dengan: kewaspadaan tinggi, karena si pusat perhatian memiliki tampilan luar yang manis, menyenangkan, pintar, supel, punya selera humor yang bagus. Sebaiknya berikan ia kesempatan untuk memimpin anda, namun jangan segan pula untuk mengingatkannya jika didapati kesalahan padanya.

3. Si Cepat

Rekan kerja tipe yang satu ini biasanya suka main trabas, pekerjaan dilakukan dengan sistem ‘asal cepat selesai’. Memang sekilas tidak merugikan anda, namun jika ia ada di dalam tim anda, maka penting untuk memeriksa kembali hasil pekerjaanya, karena si cepat biasanya tidak begitu memperhatikan detail kerjanya.

Caranya:
Hadapi dengan: beri perhatian khusus pada kerjanya, luangkan waktu untuk memeriksa kembali hasil kerjanya.

4. Si Introvert

Memiliki rekan kerja yang tertutup dan penyendiri menjadi tantangan tersendiri jika ia ada di dalam tim anda. Kerja sama tim akan susah tercapai jika didalamnya terdapat anggota yang introvert. Ia menyimpan ide-idenya sendiri dan memilki strategi kerja tersendiri yang sulit diadaptasi orang lain.

Caranya:

Hadapi dengan: memberinya ruang untuk bekerja dengan caranya sendiri, namun tetap awasi, periksa hasil kerjanya dengan hasil kerja anda agar tidak ada selisih atau kesalahpahaman ketika dikemas jadi satu laporan untuk diserahkan pada atasan.

5. Si Kooperatif

Siapa sih yang tidak ingin punya rekan kerja yang mudah diajak kerja sama dan suka menolong?, semua pasti menginginkannya. Si kooperatif ingin selalu terlihat memilki inisiatif tinggi baik dihadapan rekan kerja serta atasan, karenanya terkadang ia terlihat seperti mencari muka.

Caranya:

Hadapi dengan: memanfaatkan keunggulannya ini untuk kebaikan bersama demi kemajuan perusahaan.

***
Sumber artikel : www.fingerspot.com


Hubungi:
081 325 380 326 [Dipa Fingerspot]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar