Ayo Bersyukur, Jangan Mengeluh!

mesin absensi pandai bersyukur
Ayo Bersyukur, Kurangi Mengeluh

Apakah Anda sering mengeluh mengenai pekerjaan? Percayalah, mengeluh tidak akan membuat pekerjaan Anda cepat selesai! Bahkan malah sebaliknya, pekerjaan jadi tidak kunjung selesai tepat waktu dan hasilnya kurang maksimal. Mengungkapkan kekesalan boleh saja, tapi jangan terlalu sering apalagi sampai terdengar oleh orang lain  karena akan menjadi bumerang bagi diri Anda sendiri. Ya, tentu saja bila itu sampai terjadi maka Anda akan dicap sebagai karyawan yang hanya bisa mengeluh dan tidak mau berkembang.

Walaupun rasanya tak menyenangkan, Anda patut bersyukur karena banyak orang di luar sana yang masih belum memperoleh pekerjaan dan ingin berada di posisi Anda. Bersyukurlah karena Anda diberi kesempatan untuk bekerja dan mendapatkan uang. Berikut beberapa manfaat bersyukur bagi kesehatan.



Kesehatan Mental Terjaga

Orang yang lebih bersyukur pasti lebih bahagia. Pandangan mereka tentang kehidupan juga sangat positif dan bekerja lebih baik daripada orang yang kurang bersyukur. Menurut profesor psikologi dari California State University, Giacomo Bono, PhD, 

“Lebih pandai bersyukur mungkin adalah hal yang diperlukan oleh masyarakat kita untuk menumbuhkan generasi yang siap membuat perbedaan pada dunia”. 

Berpikir positif juga dapat membantu Anda menghadapai masalah dengan tenang dan selalu berbaik sangka bahwa sesudah kesulitan pasti ada kemudahan. Masalah yang ada dalam hidup kita memang untuk membuat kita lebih tangguh dan selangkah lebih sukses, bukan?

Menjadi Teman yang Baik untuk Orang Lain

Rasa syukur dapat meningkatkan perilaku sosial yang positif seperti membantu menyelesaikan masalah dan memberikan dukungan emosional serta motivasi yang sangat berarti bagi orang lain. Hal tersebut terbukti dalam Journal of Personality and Social Psychology pada tahun 2003. Artinya, meringankan beban orang lain juga akan membuat Anda lebih bersyukur dengan yang Anda miliki dan bermanfaat bagi orang lain. Hubungan pertemanan di kantor pun menjadi lebih erat dalam karena rekan kerja lain senang memiliki teman seperti Anda.

Jantung Terasa Lebih Sehat

Berdasarkan studi dalam American Journal of Cardiology pada tahun 1995, bersyukur juga dapat menyehatkan jantung. Emosi positif dapat mempengaruhi perubahan variabilitas detak jantung yang bermanfaat dalam terapi pengobatan hipertensi. Kemungkinan kematian mendadak pada pasien gagal jantung kongestif dan penyakit jantung koroner dapat berkurang.


Berusahalah bekerja sepenuh hati dan ikhlas akan mengubah kepribadian Anda menjadi lebih baik. Seperti dalam buku The Secret, jika Anda selalu berpikir positif maka semesta juga akan mendukung Anda. Kamu adalah apa yang kamu pikirkan. Anda berpikir akan sukses maka nanti pasti bisa sukses. Jika hal yang kurang menyenangkan terjadi walaupun Anda sudah bersyukur, jangan menyesal karena tidak ada yang berubah bila kita hanya berhenti dan mengeluh. Tetap maju ke depan dan berusaha yang terbaik dalam pekerjaan. Ingat, tantangan akan membuat Anda menjadi pribadi yang lebih luar biasa daripada diri Anda yang sebelumnya. 

Meister Eckhart berpesan, “Bila satu-satunya doa yang Anda ucapkan dalam hidup Anda adalah ‘terima kasih’, itu sudah cukup.”

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.